Dinsos Gelar Bimbingan Teknis Lanjutan Bagi Pekerja Sosial Masyarakat se-Provinsi Riau

Pelaksanaan Bimtek dasar PSM oleh Dinsos Riau di Aula Hotel Dafam Pekanbaru, (SIBERONE.COM/Amir)

SIBERONE.COM - Sebanyak 150 Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) dari 12 Kabupaten di Provinsi Riau, mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) dasar PSM yang digelar Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Riau pada 05 hingga 07 Maret 2024, di Aula Hotel Dafam Pekanbaru.

Bimtek yang bertujuan meningkatkan pengetahuan, sikap, pemahaman dan penghayatan kemampuan serta keterampilan teknis PSM dalam melaksanakan tugas pengabdiannya di bidang pekerja sosial ini dihadiri Kementrian Sosial (Kemensos) RI, Lisdawati, S. Sos dan Prof. DR. Sukino, SH,.MH., Wakil Ketua PSM Nasional sekaligus Ketua PSM se-Provinsi Riau

Acara ini dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Sosial Provinsi Riau, Ir. Zulfadli, Selasa (5/7/2024) Siang. 

Dalam sambutannya, Zulfadli berharap agar bimtek ini dapat dijadikan sebagai momentum evaluasi dan introspeksi dalam rangka peningkatan mutu PSM sebagai Potensi dan Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS) yang ada di masyarakat. 

Menurut Zulfadli, Bimtek lanjutan PSM ini sangat penting sebagai bekal PSM yang hadir sebagai perwujudan dari peran serta masyarakat, oleh sebab itu pemberdayaan PSM sangat penting diperjuangkan dan perlu di viralkan agar dikenal dari seluruh kalangan lapisan Masyarakat dan Pemerintahan mampu mengelola urusan kesejahteraan sosial sesuai dengan ketentuan peraturan Dan perundang-undangan yang berlaku.

"Kita sangat mendukung acara hari ini karna memang kita butuh tenaga PSM ini yang notabenya mereka di semua Kabupaten yang bekerja suka rela, tidak digaji untuk memberikan informasi tentang sosial, data sosial, maka kita datangkan mereka dari berbagai Kabupaten. kita latih mereka, kita bimbing mereka, sehingga nanti khususnya Provinsi Riau mendapatkan data-data yang valid, data orang-orang yang membutuhkan," ucapnya. 

"Dari kegiatan ini diharapkan kedepannya PSM mampu serius, bekerja dengan ikhlas, bekerja dengan hati bahwa sekarang ini banyak orang yang menunggu untuk kita perhatikan, karna banyak orang yang tidak beruntung, ada yang fakir miskin, ada yang stabilitas, dan masih banyak yang perlu kita perhatikan tentang sosial, maka tenaga-tenaga itu kita perlu tingkatkan pengetahuan nya, tingkatkan juga ilmunya, sehingga mereka nanti nya bisa bermitra dengan Pemerintah memberikan data- data yang valid baik Kabupaten maupun Provinsi dan Nasional khususnya," ujar Zulfadli. 

Sebelumnya, ketua Panitia Pelaksana dalam laporannya menyampaikan, peserta Bimbingan Teknis lanjutan Pekerja Sosial  masyarakat yang mengikuti bimtek lanjutan dihadiri sebanyak 150 orang yang berasal dari berbagai kabupaten se-Provinsi Riau

"Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan, sikap, pemahaman dan penghayatan kemampuan serta keterampilan teknis PSM dalam melaksanakan tugas pengabdian nya di bidang Pekerja Sosial. Meningkatnya motivasi dan kinerja PSM dalam memberikan pelayanan kepada Masyarakat umumnya dan PMKS khususnya," sebutnya.

Sementara itu, Prof. DR. Sukino, SH,.MH.,juga menambahkan, pelatihan ini merupakan media pemberian bekal pengetahuan dan keterampilan profesi pekerjaan sosial maupun ilmu pendukung lainnya yang diperlukan PSM dalam melaksanakan tugas dan fungsinya PSM di masyarakat, sebagai motivator, administrator, organisator, pemberdaya, serta mediator pengembangan jaringan kerja.

"Kami dari IPSM nya, Organisasinya, mengucapkan ribuan terimakasih pada Dinas Sosial atas supportnya yang memberikan pembinaan lanjutan PSM se-Riau, karna apa, karna PSM ini yang berkaitan kegiatan dengan kesejahteraan sosial baik pendataan, pendampingan, apapun itu bentuk yang berkaitan dengan sosial dengan harapan PSM bekerja dengan tulus dan ikhlas, karna kalau tidak ikhlas nanti pekerjaan ini tidak baik, dengan bimtek ini yang diadakan Dinsos ini memberikan mereka support, agar dapat bekerjasama dengan mitra-mitra sosial lainya," Imbuh Sukino. 

Dalam Bimtek yang diselenggarakan selama tiga hari ini menghadirkan narasumber, Kemensos RI, Ketua IPSM provinsi Riau, Dosen Fakultas UNRI dan Tagana Provinsi Riau. Dan ditutup Sekertaris Dinsos Provinsi.


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar