Pemkab Inhil dan Lapan Riau Gelar Kegiatan Malam Seni Budaya Banjar

Bupati Inhil didampingi Ketua PKK Kabupaten Inhil dan Sekertaris Umum Lapan Riau pada Malam Seni Budaya Banjar di Gedung Engku Kelana Tembilahan, Sabtu (17/12/22) malam. (sumber foto: Muridi Susandi)

SIBERONE.COM - Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir melalui dinas pariwisata, pemuda dan olahraga dan kebudayaan (Disparporabud) bersama Laskar Pangeran Antasari (Lapan) Provinsi Riau menggelar Malam Seni Budaya Banjar yang berlangsung di gedung Engku Kelana, jalan Baharuddin Yusuf, Tembilahan, Sabtu (17/12/2022) malam.

Kegiatan yang mengusung tema "Banjar Bersatu, Berjaya dan Gemilang," dihadiri Bupati Inhil HM Wardan,.Staff Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan, Hj Zulaikhah Wardan, Unsur Forkompinda Inhil,Ketua Umum Laskar Pangeran Antasari Provinsi Riau, H Yune Indrawan, yang diwakili oleh Sekretaris Umum, Muridi Susandi, dewan kesenian Riau, ketua FPK Inhil, Pengurus LAPAN Riau dan organisasi paguyuban suku yang ada di kabupaten Indragiri Hilir.

Ketua Umum Laskar Pangeran Antasari Provinsi Riau Riau, H Yune Indrawan yang diwakili oleh Sekretaris Umum LAPAN Riau, Muridi Susandi dalam sambutnya  menyampaikan permohonan maaf yang mana Ketua Umum Laskar Pangeran Antasari Provinsi Riau, H Yune Indrawan, tidak dapat hadir dalam pesta kebudayaan budaya banjar ini.

"Sesuai dengan tema dalam acara malam ini seni Budaya Banjar Kabupaten Indragiri Hilir, yakni Banjar Bersatu, Berjaya dan Gemilang, saya berharap acara ini dapat meningkatkan silaturahmi, orang banjar harus terus bersatu, tidak mudah terprovokasi oleh isu apapun yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan, apalagi provokasi yang mengarah pada perpecahan bangsa dan negara," ucap Muridi.

Ia menyebutkan bahwa tujuan diselenggarakannya kegiatan ini adalah untuk melestarikan dan mengembangkan Budaya Banjar, serta menjaganya agar tetap ada dan lestari sehingga generasi muda Banjar ke depan dapat mengetahui tentang budaya Banjar tersebut.

"Kita ketahui bersama, Kabupaten Indragiri Hilir Provinsi Riau merupakan wilayah yang kaya akan budaya, bahkan seni kebudayaan Banjar sudah sangat terkenal di seluruh wilayah Nusantara, untuk itu Kami Laskar Pangeran Antasari Provinsi Riau  selalu berusaha agar kebudayaan dan kesenian banjar tersebut terus dilestarikan," paparnya.

Kegiatan Seni Budaya Banjar tersebut menampilkan budaya-budaya Banjar seperti Syair Ibarat kabar Kiamat, Tari Tirik Lalan, silat Banjar Kuntau, Puisi, Kuda Gipang Banjar, Madihin, wayang kulit Banjar.


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar