Padepokan Giri Mantaka Gelar Acara Ruat Bumi Seren Taun


SIBERONE.COM - Padepokan Giri Mantaka gelar acara Ruat Bumi Seren Taun yang biasa rutin dilaksanakan setiap tahun di bulan Muharram. Ruat Bumi adalah suatu upacara adat yang melambangkan rasa syukur manusia terhadap Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rezeki melalui bumi berupa segala bentuk hasil bumi, kesehatan, serta keselamatan kepada masyarakat setempat, serta memohon keselamatan untuk waktu yang akan datang.

Padepokan yang mengandung arti gunung pengetahuan ini,berlokasi di kampung Bojong Loa, Desa Pamarayan Kecamatan Pamarayan Kabupaten Serang. Acara Ruat Bumi Seren Taun di gelar di Sekretariat Giri Mantaka, Minggu (5/9/2021).

Dalam kesempatannya, Zaenal Arifin atau biasa disapa Abah Enjen selaku sesepuh Giri Mantaka mengatakan, tujuan dari acara ini yaitu bentuk syukur sebagai umat manusia kepada sang maha pencipta yang menciptakan bumi dan langit berikut seisinya.

"Berkah daripada do'a bersama semoga kita semua dirahmati oleh Allah SWT," ungkapnya.

Selain itu kata dia, acara ini juga untuk memelihara kearifan lokal (Lokal Wisdom), yang pernah diajarkan sejak dulu oleh orang tua (karuhun) Pamarayan.

"Kegiatan turun temurun ini harus selalu dilestarikan karena adat istiadat budaya itu ciri dari kearifan lokal yang ada. Silih asah silih asih dan silih asuh sesuai dengan ajaran karuhun Sunda yang sudah turun turun-temurun dilakukan keluarga besar Giri Mantaka ini," terangnya.

Sementara itu Kusman, Bsc.,S.E.,SH.,MH salah satu pendiri Giri Mantaka dalam kesempatannya mengatakan, dengan adanya kegiatan ini bisa meningkatkan rasa syukur kepada sang maha pencipta dan lebih bisa mendekatkan diri terhadapnya.

"Semoga kita semua  selalu bersyukur atas nikmat karunia Allah SWT serta semoga senantiasa di berkahi atas rahmatnya," pungkasnya.

Kegiatan berjalan lancar dan kondusif dengan tetap mematuhi protokol kesehatan di masa pandemi. (*)


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar