Wakil Ketua DPRD Pekanbaru Sayangkan Sikap Pj Walikota dalam Penunjukan Plt Sekwan

Wakil Ketua DPRD Kota Pekanbaru, Ginda Burnama (kanan).(foto siberone.com)

SIBERONE.COM - Pj Wali Kota Pekanbaru, Muflihun resmi menunjuk Kepala Dinas Sosial Kota Pekanbaru, Dr H Idrus MAg sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Kota Pekanbaru. Penunjukan Idrus ini seiring dengan habisnya masa jabatan H Maisisco sebagai Plt Sekwan DPRD Pekanbaru 17 Januari lalu.

Menanggapi hal itu, Wakil Ketua DPRD Kota Pekanbaru, Ginda Burnama sangat menyayangkan sikap Pj Wali Kota Pekanbaru yang tidak berkoordinasi dengan pimpinan DPRD Pekanbaru dalam menetapkan Plt Sekwan DPRD Pekanbaru.

"Pak Pj memang memilih langsung Pak Idrus sebagai Plt Sekwan. Sedangkan komunikasi kami antar pimpinan di DPRD, sebenarnya ingin sosok Plt ini dari dalam lingkungan Sekretariat DPRD Kota Pekanbaru," ujar Ginda, Selasa (24/1/2023).

Jika Plt dijabat oleh pejabat diluar Setwan DPRD Pekanbaru, kata Ginda, tentu pejabat bersangkutan harus belajar lagi bagaimana pola dan proses administrasi di DPRD Pekanbaru. 

"Kami berharap Plt Sekwan yang baru bisa cepat dan tanggap dalam melayani tugas-tugas kedewanan di legislatif ini," ucap Ginda.

Disinggung kenapa Sekwan DPRD Pekanbaru masih dijabat oleh Plt, Pj Sekdako Pekanbaru, Indra Pomi menjelaskan karena hasil assesment jabatan Sekwan belum keluar dari KASN.

"Kemarin kan Pemko Pekanbaru membuka assessment untuk jabatan Sekwan DPRD, ada beberapa yang mendaftar. Hasil evaluasi itu harus dilaporkan ke KASN. Setelah keluar rekomendasi dari KASN, harus minta izin ke Kemendagri untuk melakukan pelantikan. Nah, saat ini hasil assesment dari KASN itu yang belum keluar," kata Indra.

Sementara itu, lanjut Indra, batas waktu jabatan Maisisco sebagai Plt Sekwan DPRD Pekanbaru sudah dua kali dan berakhir pada 17 Januari lalu. Berdasarkan peraturan, Plt hanya boleh 2 kali. Enam bulan, 2 kali 3 bulan.

"Karena sudah habis, makanya jabatan Plt Sekwan Pekanbaru harus dijabat pejabat baru," ungkapnya.

Terkait penunjukan Idrus sebagai Plt Sekwan DPRD Pekanbaru, Indra menegaskan itu semua dalam rangka memberikan pelayanan terbaik kepada DPRD Pekanbaru.

"Pimpinan menilai Pak Idrus mampu mengemban amanah sebagai Plt Sekwan DPRD Pekanbaru. Apalagi, beliau orangnya supel, bisa bergaul dan berkomunikasi dengan baik," beber Indra.(yan)


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar