Pesta Ragam Budaya Nusantara Rangka HUT TNI ke-77, Suku Banjar Inhil Datangkan Grup Mamanda Kalimantan Selatan

Bupati Indragiri hilir Inhil Drs H Muhammad Wardan MP dalam acara pergelaran pesta ragam budaya nusantara khas Suku Banjar, Sabtu (8/10/2022) malam. (sumber foto: Prokopim Setda Inhil)

 

 

SIBERONE.COM - Bupati Indragiri hilir Inhil Drs H Muhammad Wardan MP menghadiri acara pergelaran pesta ragam budaya nusantara khas Suku Banjar, dalam rangka HUT TNI ke-77, bertempat di Lapangan Gajahmada, Tembilahan, Sabtu (8/10/2022) malam.

Tampak hadir Bupati Indragiri Hilir Drs H Muhammad Wardan didampingi ketua TP PKK Inhil Hj Zulaikhah Wardan, Kapolres Inhil AKBP Norhayat, Ketua Pengadilan Agama, Kajari yang diwakili, Ketua Forum Pembauran Kebangsaan, Anggota DPRD Inhil, kepala OPD dilingkungan Pemkab Inhil, ketua organisasi paguyuban serta tamu undangan lainnya.

Kegiatan tersebut juga di hadiri gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor (Paman Birin) melalui video zoom dan dihadiri langsung Kabid Dinas Pemuda, olahraga kebudayaan dan pariwisata Provinsi Kalimantan Selatan Raudhati Hidayati dan berserta rombongan.


Kegiatan budaya ciri khas Suku Banjar didatangkan langsung dari tanah Kalimantan Grup Mamanda Kalimantan Selatan seperti Madihin, Music Panting, Tari Baksa Kembang, serta  Habsy dan lainnya untuk ditunjukkan kepada tamu serta masyarakat kabupaten Indragiri Hilir pada pesta ragam budaya nusantara.


Ketua Pemuda Banjar Kabupaten Indragiri Hilir Drs H Tantawi Jawhari, MP mengatakan bahwa pelaksanaan pesta ragam budaya nusantara dalam rangka HUT TNI ke-77, suku Banjar  untuk ikut berpartisipasi dengan mendatangkan langsung budaya yang ada di tanah Borneo Kalimantan Selatan.


"Ini Juga untuk melepaskan kerinduan masyarakat suku Banjar yang ada di kabupaten Indragiri Hilir sehingga tau apa ragam budaya Banjar yang mungkin ada sebagian masyarakat tidak tau dengan didatangkan langsung dari Kalimantan jadi mereka tau dan bisa melepaskan kerinduannya," ungkapnya.


Tantawi juga mengungkapkan terimakasih kepada kodim 0314/Inhil yang sudah membuat acara yang begitu besar, sehingga ragam Budaya-budaya yang ada di kabupaten Indragiri Hilir dapat ditampilkan di hadapan umum, dan juga untuk  kesempatan suku Banjar untuk tampil menunjukkan budaya kami di tanah Melayu.


"Mudah-mudahan di Hut yang ke-77, dengan selogan "TNI adalah kita' mampu TNI semakin profesional dan tangguh dalam menjaga satu kesatuan republik Indonesia," imbuhnya 


Sementara itu Bupati Inhil HM Wardan yang juga bergelar Datuk Sri Setia Amanah mengatakan selamat datang 
Kabid bidang kebudayaan Dinas Pendidikan dan kebudayaan Provinsi Kalimantan Selatan Ibu Raudhati Hidayati beserta seluruh rombongan. Selamat datang di Kabupaten Indragiri Hilir negeri yang berjulukan 
seribu Parit dan hamparan kelapa dunia.


"Alhamdulillah pada malam hari ini kita dapat hadir di tempat ini dalam rangka melaksanakan kegiatan pesta rakyat budaya Nusantara dengan kegiatan penampilan seni budaya Banjar yang dilaksanakan oleh pemuda Banjar Kabupaten dan Hilir dan alhamdulillah pada malam hari ini juga nanti akan tampil oleh tamu-tamu kita khususnya yang datang dari Kalimantan Selatan dan Insyaallah pada malam hari ini kita dapat menyaksikan dan menikmati penampilan penampilan seni suku Banjar," ujar Bupati. 


Melalui kesempatan tersebut Bupati menyampaikan penghargaan dan ucapan terima kasih  tentunya kepada jajaran Kodim 0314/Inhil, serangkaian peringatan hari ulang tahun TNI yang ke-77 ditingkat kabupaten Indragiri Hilir yang sudah banyak sekali kegiatan-kegiatan yang sudah dilaksanakan.


"Ada kegiatan-kegiatan perlombaan olahraga seni dan penampilan budaya insya Allah setiap malam dilaksanakan di tempat ini sampai nanti puncaknya pada tanggal 15 yang akan datang,  maka untuk itu sekali lagi melalui kesempatan dan berbahagia ini saya menyampaikan penghargaan menyampaikan terima kasih yang setinggi-tingginya atas upaya-usaha yang sudah dilaksanakan kodim 0134/Inhil.


Bupati juga mengungkapkan penghargaan kepada panitia pelaksana dan masyarakat kabupaten Indragiri Hilir  yang sudah berpartisipasi untuk menjaga keamanan dan ketertiban sehingga rangkaian kegiatan-kegiatan yang  laksanakan ini dapat terselenggara dengan baik dengan sukses yang lancar sampai selesai. 


Dalam kesempatan tersebut Bupati dan kodim juga memberikan cendramata kepada pemerintah provinsi Kalimantan Selatan yang diwakili Kabid pemuda olahraga dan kodim 0134/Inhil.


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar