Meriahkan Hut Kemerdekaan RI ke-77 Masyarakat Temanggung Gelar Pawai Seni Kebudayaan

Pawai seni merdeka Kabupaten Temanggung dalam rangka HUT RI ke-77 (sumber foto: Wartawan Siberone.com)

 

 

SIBERONE.COM - Momen hari kemerdekaan atau HUT RI ke-77 pada tanggal 17 Agustus 2022 menjadi hari pentingnya sejarah bagi masyarakat Indonesia. Selain Memperingati kemerdekaan Indonesia moment HUT RI selalu dihiasi dengan berbagai acara dan kegiatan karnaval keliling.

Ribuan seniman mengikuti Pawai Seni merdeka mengumumkan memperingati Hut kemerdekaan ke-77 RI di Kabupaten Temanggung tepatnya di Alun-alun Temanggung. Sabtu (27/8 2022).

Kegiatan tersebut dihadiri 20 kecamatan se-Kabupaten Temanggung dari Gunung Perahu, Sindoro dan Sumbing.

Kegiatan pawai dimulai dari depan kantor PT. Telkom membuka jalan protokol kemudian menuju ke alun-alun di depan Kantor Kejaksaan Negeri. Peserta diberi kesempatan untuk menunjukan kebolehannya di panggung yang tanpa atap/lapangan.
 
Bupati Temanggung, Wakil Bupati, Ketua dan Wakil Ketua DPRD serta sejumlah tamu undangan turut menghadiri acara tersebut.

Bupati Temanggung, HM. AL khadzig mengatakan maksud diadakannya kegiatan ini untuk menampilkan berbagai kelompok kesenian yang sangat banyak di Kabupaten Temanggung.

"Kegiatan ini bertujuan untuk menampilkan berbagai kelompok kesenian dari berbagai daerah yang ada di Kabupaten Temanggung ini," ujarnya.

Bupati berharap penyelenggaraan Pawai Seni Merdeka dapat membangkitkan semangat masyarakat yang sudah 2 tahun terkena pandemi dan sempat vakum. menggerakkan perekonomian di tengah masyarakat dan masyarakat bermanfaat. Pawai Seni Merdeka juga sebagai keperbedaan Pemkab Temanggung dalam menguri-uri atau menjaga budaya seni tradisi sekaligus menggerakkan roda perekonomian.

Ketua DPRD Kabupaten Temanggung Yunianto mengatakan bahwa Pawai Seni Merdeka yang digelar sangat luar biasa  antusiasme masyarakat dengan banyak yang menyajikan kesenian dengan keterampilan yang sangat bagus dan luar biasa.  

"Kami dari DPRD mengapresiasi event-event seperti ini. Dan kami berharap dengan digelarnya seni Merdeka tersebut ini dapat tercapai tujuan, yakni ekonomi mampu bergerak, masyarakat bermanfaat dan mampu menjaga budaya leluhur kita  sendiri di Temanggung," jelas Ketua DPRD.

Adapun maksud dan tujuan diselenggarakannya kegiatan ini diungkapkan ketua pantia, adalah sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.

"Ini semua bentuk kegembiraan kita dalam memeriahkan hari kemerdekaan Indonesia yang ke-77 pada tanggal 17 Agustus 2022. Serta menjadi bentuk peran serta pendidik PAUD untuk lebih memaknai perjuangan para pahlawan dan tentunya memperkuat bangga sebagai bangsa Indonesia," demikian ungkap Orbiyanti M.pd ketua panitia penyelenggara.

Peserta kegiatan ini adalah berasal dari seluruh TK, KB, PAUD, SPS dan TPA se-kabupaten Temanggung dengan jumlah 1500 orang. Adapun kegiatan ini mengusung tema Pendidik PAUD Bersatu Temanggung Semakin Maju dengan acara karnaval dan kegiatan (penilaian kerja guru) PKG


 

Wartawan : Sholikin


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar