Peringati Hari Sedekah Bumi, 3 Kelurahan di Pedurungan Berkolaborasi Gelar Karnaval dan Pengajian Umum

Pengajian umum dalam rangka hari sedekah bumi (sumber foto: Siberone.com)

 

 

SIBERONE.COM- Tiga Kelurahan di Kecamatan Pedurungan yakni Kelurahan Pedurungan Lor, Pedurungan Tengah dan Kelurahan Tlogomulyo berkolaborasi melaksanakan Apitan atau sedekah bumi.

Acara tersebut diselenggarakan di wilayah Rt 02 Rw 08 Kelurahan Pedurungan Lor Kecamatan Pedurungan Kota Semarang di Mushola Darussajidin dengan pengajian umum pada pukul 08-13.00 wib. Ahad (26/6/2022).

Adapun acara itu dihadiri beberapa tokoh masyarakat dan Perangkat Kelurahan dari Tiga Kelurahan tersebut.

Lurah Pedurungan Lor, Sudarsih SH mengatakan sedekah bumi tersebut sudah rutin dilakukan masyarakat.

"Kegiatan apitan atau sedekah bumi ini adalah kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh masyarakat Wilayah Rt 02 Rw 8 Kelurahan Pedurungan Lor, kebetulan posisi kegiatannya hari ini di Rw tersebut," ujar Sudarsih saat diwawancarai awak media.

"Napak tilas di wilayah pedurungan Lor tersebut ada makam masih keturunan wali, jadi disitu ada nama batu lumpang  batu lumpang tersebut adalah nama petilasan, disitu kita adakan apitan atau sedekah bumi dan mengirim doa kepada arwah leluhur rutin dilaksanakan setahun sekali," jelas Sudarsih.

Dijelaskan Sudarsih bahwa kegiatan rutin ini sebagai bentuk penghormatan kepada leluhur.

"Kedepan kita akan adakan sedekah bumi dan kirim doa khol kubur kepada leluhur kita secara rutin setiap setahun sekali, untuk meriahkan dan menghormati leluhur kita nguri-nguri atau melestarikan budaya Jawa menghormati leluhur kita dan menghormati perjuangannya," pungkasnya.

H Basori sebagai ketua panitia apitan /sedekah bumi yang ditemui jurnalis media siberone.com menyebutkan kegiatan ini untuk sedekah bumi apitan merti desa diadakan setiap tahun di makam keramat.

"Di sini ada makam kramat Abdi Demak dengan nama Mbah Jampang dan Mbah Umpak yang berada di depan Mushola Darussajidin Rt 02 Rw 08 Kelurahan Pedurungan Lor Kecamatan Pedurungan Kota Semarang Jawa Tengah. Sedekah bumi ini di sengkuyung atau kerja sama warga tiga kelurahan diantaranya kelurahan pedurungan Lor, pedurungan tengah dan kelurahan tlogomulyo," ungkap Basori.

Selanjutnya ia mengucapkan terimakasih atas kerjasama seluruh warga yang ikut berpartisipasi dalam mensukseskan acara sedekah bumi.

"Kami ucapkan terimakasih atas kerjasamanya dari warga tiga kelurahan dalam berpartisipasi ikut andil. Karnaval dalam kegiatan sedekah bumi ini berjalan lancar aman dan turut dimeriahkan juga oleh Drumbend dari Remaja Karang Taruna Kelurahan Plamongan Sari," pungkasnya.

Kusnoto selaku ketua Rt 02/08 kegiatan sedekah bumi yang digelar hari ini berjalan lancar.

"Alhamdulillah kegiatan sedekah bumi berjalan lancar, cuaca cerah dan aman. Kami ucapkan terimakasih kepada segenap pengurus dan panitia yang telah mesukseskan acara ini dalam acara karnaval dan pengajian umum dalam rangka apitan/ sedekah bumi," imbuhnya.

Hal serupa juga dikatakan Ketua Rt 03/08, ia mengatakan semoga kedepannya kegiatan yabg digelar akan lebih baik lagi.

"Semoga kegiatan ini ditahun mendatang bisa lebih baik lagi dan tetap berjalan lebih baik dan tujuan dalam kegiatan ini mempererat hubungan silaturrahmi antar warga tiga kelurahan " ujar Asri Ketua Rt 03/08 Kelurahan Pedurungan Lor.

Untuk diketahui, Acara pengajian umum sendiri Mubaligh Nya KH Sakroni dari Guntur Demak, sedangkan sebagai Qori duet kembar dari Kelurahan Penggaron Kidul Saudara Hasanudin dan Husainul Arifin, giat tersebut juga di iringi grup rebana Al - Balado dari Kelurahan Tlogomulyo Pimpinan Imron.

 

Wartawan: Agus romadhon


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar