Disparporabud Inhil Gelar Festival Teater Bangsawan Klasik 2022 Secara Virtual

Penampilan Teater Bangsawan Klasik 2022 (sumber foto: Ema/siberone.com)

 

 

SIBERONE.COM - Dinas Pariwisata Pemuda Olahraga dan Budaya (DISPARPORABUD) Indragiri Hilir, Riau menggelar Festival Teater Bangsawan Klasik 2022 dengan tema "Menjulang Marwah Mendulang Tuah" secara virtual.

Iven terserbut merupakan iven tahunan yang diselenggarakan Pemkab Inhil bersama Disparporabud Inhil. Dimana melalui pagelaran Teater Klasik itu, para pencinta seni dapat menyalurkan bakat dan sekaligus sebagai ajang silaturahmi.
 

Kadis Disparporabud Inhil, Junaidy Ismail menyebutkan bahwa teater yang digelar di Gedung Puri Cendana, Tembilahan, Indragiri Hilir ini merupakan yang ke-15 kalinya.

"Festival teater bangsawan klasik ini dilatarbelakangi dalam rangka mengembangkan dan melestarikan seni teater bangsawan klasik di Inhil yang telah dilaksanakan 15 kali dalam 17 tahun karena ada terjeda dua kali," terang Junaidi.

Dalam proses pelaksanaan Festival Teater Bangsawan Klasik 2022 dilakukan dengan virtual. Setiap grup atau sanggar mengirimkan video teater yang berdurasi 30-45 menit kepada panitia untuk diupload ke youtube Inhil Nan Molek yang merupakan situs resmi Disparporabud Inhil.

Pelaksanaan festival teater Bangsawan Klasik dimulai sejak tanggal 27 Mei hingga 10 Juni 2022 yang diikuti 9 (Sembilan) Sanggar Seni di Kabupaten Inhil. Dengan 3 orang dewan juri.


Selain puncak festival teater bangsawan klasik 2022, disebutkan Kadis Dieparporabud inhil bahwa kegiatan tersebut sekaligus membuka festival teater bangsawan klasik 2023.

"Selain puncak festival teater bangsawan klasik 2022, sekaligus launching festival teater bangsawan klasik 2023 dimana insyaallah akan dilaksanakan se-Pulau Sumatra untuk menjadikan festival teater ini lebih menggema dan bermakna," ucapnya.

 

Wartawan: Ema


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar