BUMDesa Bunga Rampai Maksimalkan Penyaluran Air Bersih ke Rumah Warga

Unit Usaha BUMDesa

SIBERONE.COM -  Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Bunga Rampai Desa Terusan Kempas, Kecamatan Gaung, Kabupaten Indragiri Hilir kelola air bersih.

Pengelolaan air bersih tersebut guna memenuhi layanan dasar untuk memenuhi kebutuhan air bersih yang disalurkan ke warga setempat, agar masyarakat bisa hidup sehat.

Direktur BUMDes Bunga Rampai, Hendriadi mengatakan akan memaksimalkan penyaluran air bersih untuk pemenuhan kebutuhan warga, dimana Terusan Kempas berada dibibir sungai air keruh.

"Konsep Bumdes sendiri yaitu sumber air dari desa, dan diperuntukkan bagi warga desa untuk memenuhi kebutuhan air bersih," kata Hendriadi. 

Saat ini, kata Hendriadi, pelanggan yang disalurkan air bersih tersebut sebanyak 25 KK. Mereka dikenal biaya Rp4.000 per kubik air bersih yang disalurkan di setiap pipa.

Selain pengelolaan air bersih, BUMDes Bunga Rampai juga mengelola unit usaha Unit Layanan Keuangan Agen BRILink untuk memudahkan warga untuk mentransfer uang. 

"Unit usaha ini untuk memberikan kemudahan akses bagi masyarakat menjadi satu kebutuhan yang sangat mendesak," paparnya.

Keberadaan BUMDes dan BRILink memang menjadi penting, mengingat akses dari Desa Terusan Kempas menuju Kabupaten atau Ibu Kota sangat jauh, harus menempuh jalur sungai.

"Dengan adanya unit usaha ini, jadi masyarakat tidak perlu mengeluarkan cost yang lebih besar untuk memenuhi kebutuhan, karena sekarang bisa didapat di BUMDes," terangnya.

Dia berharap, Agen BRILink di desanya semakin berkembang dan transaksi perbankan semakin mudah. Selain itu juga pembinaan UMKM di desa semakin intensif. Melihat banyaknya dampak positif yang dirasakan oleh masyarakat.*(Galery/DPMD INHIL) 


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar