Ketua YBM PLN UIP Sumbangteng, Resmikan Program Bidan Cahaya di Desa Rantau Panjang Enok


SIBERONE.COM - Ketua Yayasan Baitul Mal (YBM) PLN Unit Induk Pembangunan (UIP) Sumatra bagian Tengah (Sumbangteng), Fazri meresmikan program Bidan Cahaya YBM PLN di Desa Rantau Panjang kecamatan Enok, kabupaten Indragiri Hilir, acara tersebut terpusat di kantor Desa Rantau Panjang. Kamis (14/10/2021), pagi.

Ketua YBM PLN UIP Sumbangteng
Fazri, menyampaikan bahwa kegiatan program Bidan Cahaya ini adalah komitmen YBM PLN dalam membantu mewujudkan kehidupan yang lebih baik melalui kesehatan, khususnya untuk masyarakat yang berada di daerah 3T (Terluar, Tertinggal, Terdepan).

"Iya kita (YBM PLN UIP Sumbangteng) dengan program bidan cahaya bisa membantu mewujudkan kehidupan yang lebih baik melalui kesehatan, khususnya di desa Rantau Panjang yang merupakan termasuk daerah 3T, (pesisir) kerena desa yang di ujung kecamatan Enok, jauh untuk masyarakat mau berobat dan melahirkan, untuk itu kita membantu program Bidan Cahaya," ujar Ketua YBM PLN UIP sumbangteng Fazri.

Fazri juga mengungkapkan bahwa Bidan Cahaya program YBM PLN UIP di Indonesia ada 4 daerah, di pulau Jawa 2 dan Kalimantan satu dan Sumatera satu, tepatnya di Sumatra di kabupaten Indragiri Hilir di desa Rantau Panjang.

"Ini merupakan rezeki kabupaten Indragiri Hilir bisa mendapatkan program YBM PLN UIP Sumbangteng, kita juga pernah mengajukan beberapa daerah di Sumbangteng, namun yang berhasil di Desa Rantau Panjang," pungkasnya.

Lanjut Fazri, Program Bidan Cahaya adalah program peduli kesehatan dengan menempatkan seorang bidan yang mempunyai peran sebagai agen kesehatan untuk masyarakat khususnya yang berada di daerah 3T. 

Bidan tersebut ditugaskan selama setahun. Setelah itu masyarakat diharapkan sudah dapat menerapkan secara apa yang sudah diajarkan oleh bidan," kata Fazri kepada awak media SIBERONE.COM.

Di antara tugas bidan tersebut adalah memberikan edukasi tentang Pola Hidup Baik dan Sehat (PHBS), memberikan pelayanan kebidanan untuk ibu hamil dan melahirkan, serta memberdayakan masyarakat untuk bisa memanfaatkan potensi sumber daya alam juga sumber daya manusia yang berada di daerah tersebut.
Untuk menjalankan tugas itu semua, kata Fazri, bidan sudah dibekali ilmu dan pengetahuan tentang kesehatan dan pemberdayaan masyarakat yang cukup, fasilitas motor kesehatan, dan rumah bidan yang representatif untuk melayani juga mengedukasi masyarakat dalam hal kesehatan dan pemberdayaan.

Ia juga mengucapkan terimakasih kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir dan kepala Desa Rantau Panjang yang sudah mendukung program bidan cahaya program YBM PLN UIP Sumbangteng, 

"Terimakasih atas kerjasama yang baik ini, semoga program YBM PLN UIP Sumbangteng di kabupaten Indragiri Hilir ini dapat berlanjut. Dan juga kepada bidan cahaya program YBM dapat bertugas dengan baik sehingga bisa mencapai tujuan apa yang kita  harapkan," pungkasnya.

Senada itu, Sekretaris Dinkes Inhil Rahmi Indrasuri, dirinya sangat apresiasi terhadap program dari YBM PLN UIP sumbangteng yang telah melaksanakan di kabupaten Indragiri Hilir, semoga kedepannya terus berlanjut program YBM PLN UIP sumbangteng di sini.

"Kami sangat mengapresiasi, kita memang kekurangan tenaga kesehatan di daerah pesisir, contoh nya aja di Desa Rantau Panjang ini sempat kosong tidak ada bidan, sehingga masyarakat jauh mau berobat atau mau melahirkan, dengan adanya program YBM PLN UIP sumbangteng kami sangat terbantu," ujarnya.

Semantara itu kepala Desa Rantau Panjang Iskandar, Mewakili seluruh masyarakat desa Rantau Panjang, sangat mengucapkan terimakasih kepada YBM PLN UIP sumbangteng dan Dinkes Inhil. Dengan adanya Bidan Cahaya ini masyarakat tidak susah lagi mau berobat dan melahirkan.

"Kami sangat menyambut baik program ini, mudah-mudahan program YBM PLN UIP sumbangteng di desa Rantau Panjang terus ada, sehingga warga saya yang mau berobat tidak jauh-jauh lagi, kami desa Rantau Panjang mau kemana-mana jauh, ke kecamatan jauh, dan akses kita hanya bisa melalui Laut, darat ada tapi kondisi seperti sekarang ini sulit," pungkasnya.

Dalam pelaksanaan program YBM PLN UIP sumbangteng, langsung menyerahkan kunci motor kepada bidan cahaya, dan alat kesehatan serta rumah untuk ditempati oleh bidan cahaya. Dalam kegiatan tersebut menerapkan Protokol Kesehatan.

Tampak hadir dalam acara tersebut, ketua YBM PLN UIP sumbangteng, Fazri dan rombongan, sekretaris dinas kesehatan kabupaten Indragiri Hilir, Rahmi Indrasuri sekcam Enok, Wono Sagito, ketua YBM UP3 Rengat Anton Hardiyanto, Manager PLN ULP Kuala Enok, Bobby Kristanto, manager PLN ULP Tembilahan Moh Hosen. Kepala desa Rantau Panjang Iskandar, PJs Kepala Puskesmas Enok, Babinkamtibmas Rantau Panjang, tokoh masyarakat serta tokoh agama.


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar