Sebanyak 2.783 Bumil di Tegal Telah Divaksin


SIBERONE.COM – Sebanyak 2.783 ibu hamil (Bumil) di Kabupaten Tegal telah mendapat suntik vaksin Covid-19 sampai dengan Rabu (01/09/2021). Informasi tersebut disampaikan Juru Bicara Penanganan Covid-19 Kabupaten Tegal Sarmanah Adi Muraeny di ruang kerjanya, Kamis (02/09/2021) pagi.

Menurut Sarmanah ibu hamil termasuk dalam kategori kelompok rentan terinfeksi Covid-19. Sehingga, pihaknya terus menggencarkan pelaksanaan vaksinasi pada ibu hamil dengan target sasaran 5.122 orang.

“Data per Rabu (01/09/2021) kemarin, total sudah ada 2.783 ibu hamil yang tervaksin atau sekitar 54 persen dari target yang kita tetapkan, yaitu 5.122 ibu hamil,” katanya.

Adapun kriteria ibu hamil yang dapat divaksin, Sarmanah menjelaskan adalah ibu dengan usia kehamilan mulai 13 minggu atau trimester kedua hingga ketiga. “Kemudian syarat lainnya sama seperti vaksinasi pada umumnya. Sebelum divaksin ibu hamil akan dilakukan pengecekan terlebih dahulu,” jelasnya.

Sarmanah berharap target vaksinasi pada ibu hamil ini dapat segera terealisasi. Karena vaksinasi ibu hamil dapat melindungi ibu dan calon bayi dari paparan Covid-19.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah Yulianto Prabowo melalui siaran konferensi video, Senin (30/08/2021), berharap dinas kesehatan di masing-masing daerah dapat mempercepat vaksinasi pada ibu hamil. Terlebih, lanjutnya, kasus kematian ibu hamil di Jawa Tengah akibat Covid-19 relatif tinggi.

“Selain melakukan vaksinasi pada masyarakat umum, kita juga harus gencarkan vaksinasi pada ibu hamil,” tuturnya. (HS)


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar