Dinkes Inhil Ajak Masyarakat Kenali Ciri-ciri Diabetes Serta Gejalanya

Ilustrasi pengecekan gula darah (sumber foto: Hermina Hospital)

SIBERONE.COM - Diabetes mellitus atau yang dikenal dengan kencing manis/penyakit gula merupakan penyakit dimana kadar gula dalam darah cukup tinggi karena tubuh tidak dapat melepaskan atau menggunakan insulin sehingga gula didalam darah tidak dapat dimetabolisme.

Salah satu penyebab penyakit diabetes yaitu terlalu banyak mengkonsumsi gula dan kurangnya aktivitas tubuh yang menyebabkan penumpukan gula darah. Dalam jangka panjang, penumpukan gula darah dalam tubuh akan meningkatkan risiko diabetes.

Selain itu, penyebab lain timbulnya diabetes yaitu Terganggunya respons tubuh terhadap insulin.
Berkurangnya produksi insulin oleh pankreas.
Kinerja insulin terhambat akibat adanya hormon lain

"Insulin adalah suatu hormon polipeptida yang mengatur metabolisme karbohidrat. Insulin merupakan efektor utama dalam homeostasis karbohidrat, juga berperan dalam metabolisme lemak dan protein – hormon ini bersifat anabolik yang artinya meningkatkan penggunaan protein," ujar Kepala Dinas Kesehatan Inhil  Rahmi Imdrasuri.

Rahmi juga memaparkan gejala-gejala yang timbul akibat penyakit diabetes.

"Gejala awal yang timbul akibat diabetes ini seperti seringnya buang air kecil dimana ginjal berupaya mengeluarkan glukosa yang ada dalam tubuh, rasa haus yang berlebihan dikarenakan kurangnya air di dalam tubuh akibat sering buang air kecil, penurunan berat badan, sering merasa lapar, infeksi luka atau memar yang proses penyembuhannya lambat, kelelahan, pandangan kabur dan kerap kali merasakan kesemutan atau mati rasa," jelas Rahmi.

Terkahir dia menerangkan cara-cara yang dilakukan untuk mencegah diabetes seperti olahraga yang rutin, menjaga berat badan agar tetap ideal, pola hidup sehat, menghentikan kebiasaan merokok.

"Selain itu, periksakan gula darah anda secara berkala," pungkasnya.


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar