Peringati Hari Osteoporosis, Kadinkes Inhil Sebut Momen Menjaga Kesehatan Tulang

Ilustrasi Osteoporosis (sumber foto: Lifestyle.com)

SIBERONE.COM - Hari Osteoporosis Sedunia diperingati pada tanggal 20 Oktober setiap tahunnya. Hari Osteoporosis juga dikenal dengan sebutan World Osteoporosis Day.

Memperingati hari Osteoporosis, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir (Dinkes Inhil), Rahmi Indrasuri menjelaskan, Osteoporosis adalah berkurangnya kepadatan tulang yang menyebabkan tulang menjadi keropos dan mudah retak/patah.

"Osteoporosis merupakan kondisi ketika tulang menjadi lemah dan rapuh. Tubuh terus-menerus menyerap dan menggantikan jaringan tulang," ucapnya.

"Tentunya pada momen ini kita mengharapkan masyarakat dapat mengenal dan memahami terkait osteoporosis serta bagaimana mencegahnya dan menjaga Kesehatan tulang," imbuh Rahmi.

Beberapa gejala umum seseorang terkena osteoporosis antara lain mulai dari patah tulang, tulang punggung yang semakin membungkuk, menurunnya tinggi badan, dan nyeri punggung.

"Umumnya, pada Kondisi ini jarang menimbulkan gejala, dan biasanya baru disadari ketika penderitanya mengalami cedera seperti patah tulang," jelas Rahmi.

Untuk mencegah terjadinya Osteoporosis, Rahmi menyarankan untuk memenuhi nutrisi tubuh yang baik, protein, sumber kalsium, vitamin D, hindari rokok dan alkohol serta aktif dan berolahraga," pungkasnya.


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar