Dampingi Bupati Inhil Kunker ke GAS, Zulaikhah Wardan Sampaikan Gerakan Transisi PAUD ke Pendidikan SD

Bunda PAUD Inhil, Hj. Zulaikhah Wardan foto bersama Dengan Pengurus dan Guru serta Murid PAUD Arahan GAS, Kamis (14/9/23)! (sumber foto: Prokopim Inhil)

SIBERONE.COM - Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Hj. Zulaikhah Wardan mendampingi Bupati Inhil, HM Wardan kunjungan kerja silahturahmi dengan pengelola PAUD, Kepala Sekolah dan Tokoh Masyarakat di Kelurahan Sungai Empat Kecamatan Gaung Anak Serka (GAS), Kamis, (14/09/23).

Dalam kesempatan tersebut, Hj. Zulaikhah Wardan menyampaikan Gerakan Transisi PAUD Ke Pendidikan Dasar (SD) Yang Menyenangkan guna meluruskan miskonsepsi praktik pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Dasar yang masih sangat kuat di masyarakat. 

"Jadi pertama kita harus meluruskan miskonsepsi yang keliru, baik itu dari pihak pengajar dan terutama juga dari pihak orang tua yang menilai bahwa hasil prestasi pembelajaran itu bisa baca, bisa tulis dan bisa hitung," ungkap Bunda PAUD Inhil ini. 

Hj. Zulaikhah yang akrab disapa Bunda Ika ini mengatakan dengan adanya miskonsepsi tersebut dapat berdampak bagi pertumbuhan perkembangan anak terutama pertumbuhan otaknya yang terkait dengan kecerdasan ke depan.

"Jadi ini yang harus diluruskan, bahwa transisi PAUD ke SD itu harus menyenangkan, kemudian ada fase adaptasi perkenalan lingkungan selama 2 minggu dengan konsep-konsep menggunakan seperti suasana di PAUD," katanya.

Bunda PAUD juga berharap pada masa transisi tersebut, sekolah mampu menerapkan pembelajaran yang membangun 6 (enam) kemampuan fondasi dasar anak, diantaranya mengenal nilai agama dan budi pekerti, keterampilan sosial dan bahasa untuk berinteraksi, kematangan emosi, kematangan Kognitif untuk melakukan kegiatan belajar, pengembangan keterampilan motorik dan perawatan diri serta pernaknaan terhadap belajar yang positif.

Pada kesempatan tersebut, bunda PAUD berharap pendidikan dasar yang ada di Kecamatan GAS untuk dapat mengimplementasikan gerakan masa transisi PAUD ke Pendidikan Dasar yang menyenangkan.

"Jadi kita ingin menghasilkan anak-anak tidak cuman cerdas aja, tapi memiliki karakter yang kuat. Kuncinya ada di masa transisi ini," ungkapnya. 

Sementara bupati Inhil H.M Wardan melalui kesempatan ini berpesan kepada para Pengelola dan Guru PAUD untuk bersama membantu pemerintah dalam menggalakkan peningkatan program transisi PAUD ke SD atau MI. 

"Mari kita galakkan peningkatan paud menjadi paud hi serta mendukung program pemerintah transisi PAUD ke SD/MI yang menyenangkan," pungkasnya. 


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar