Nadia Deby Sukanti (Mahasiswi Administrasi Negara UIN Suska, Riau)

SIBERONE.COM - Masa remaja ialah masa semua ingin: ingin tahu, ingin rasa, ingin coba, ingin jadi manusia super, ingin menang sendiri. Masa remaja adalah gejolak keinginan akan segala hal. Selain itu sulit mengontrol emosi yang masih labil juga melekat pada diri seseorang remaja. Oleh karena sulit dikontrol sikap dan perilakunya, sehingga mereka memperlihatkan akhlak yang tidak baik di masyarakat. Lalu, apa kira-kira solusi yang bisa ditawarkan untuk mengatasi hal tersebut?

Akhlak secara bahasa ialah budi pekerti atau kelakuan.  Kelakuan dalam akhlak bersifat spontan, seketika dan responsif. Akhlak baik akan memberi kesejukan dalam responnya, sedangkan akhlak buruk akan mengganggu orang lain baik dari sisi pendengaran atau penglihatan.

Pembelajaran akhlak pada diri seorang remaja tidak luput dari orang tua, sekolah dan agama. Dari tiga faktor yang mempengaruhi akhlak seorang remaja agama menjadi pondasi kuat dalam menjaga akhlak remaja.

Saat ini banyak kita temui penyimpangan-penyimpangan yang dilakukan oleh anak-anak remaja. Baik narkoba, tauran, LGBT hingga pembunuhan. Perlakuan ini memunculkan tanda tanya, apa yang menyebabkan mereka menjadi seperti itu??

Mereka dari orang-orang berpendidikan, mereka dari keluarga yang baik dan damai, dan saat dilihat serta telusuri, kedekatan akan sang pencipta dan ajaran-ajaran keagamaan yang tidak dimiliki. Sehingga perlakuan nya kerap kali hadir dibawah kendali diri. Melainkan kendali nafsu syaithani.

Kita yakin bersama bahwa pembenahan karakter, dan perilaku itu tidak mudah dan butuh waktu yang lama. Akan tetapi hal ini bisa ditempuh dengan pendekatan keagamaan dan mengajak para remaja dalam hal-hal keagamaan. Salah satu kegiatan yang bisa dijadikan acuan adalah didikan subuh, kegiatan di masjid atau rumah ibadah lainnya yang dikontrol oleh pembimbing keagamaan.  Hal ini dimaksudkan untuk membiasakan perilakunya dalam bingkai keagamaan.

 

Oleh: Nadia Deby Sukanti (Mahasiswi Administrasi Negara UIN Suska, Riau)


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar