Disbun Inhil Mulai Merealisasikan Program Kelapa Terpadu


SIBERONE.COM - Untuk terus meningkatkan perekonomian masyarakat, pemerintah Inhil melalui Dinas Perkebunan Kabupaten Indragiri Hilir tengah merealisasikan Program Kelapa Terpadu.

Program Kelapa Terpadu itu sendiri merupakan program dari Kementerian Pertanian melalui Dirjen Perkebunan  yang implementasinya tentang peremajaan Kelapa.

"Sekarang kita telah melakukan peremajaan kelapa di Sungai Gantang Kecamatan Kempas dengan luas lebih kurang 50 hektar dan ini kita dapat program dari kementerian pertanian terus dirjen perkebunan itu tentang peremajaan Kelapa," terang Kadisbun Inhil  Sirajuddin melalui Seketaris Disbun Sutarno Wandoyo, Rabu (25/11).

Lebih lanjut Wandoyo menuturkan, tujuan dari peremajaan ini salah satunya ialah  untuk membantu masyarakat dalam melakukan pembudidayaan kelapa khusus di Sungai Gantang serta menjadi percontohan untuk ke depannya.

"Jika kita berbicara tentang peremajaan kelapa, yang harus diperhatikan ialah trio tata air. Dan tak kala penting juga Tanggul mekanik, pintu klep, dan saluran. Pada kegiatan yang sedang berjalan ini kami sedang melaksanakan pekerjaan tanggul mekanik," ujarnya.

https://bit.ly/hai-cell

Sekretaris Disbun ini berharap, dengan berjalannya pekerjaan proyek peremajaan sekitar 20 kilo meter ini bisa menjadi gerbang Inhil ke depannya,  karena seiring dengan motto Bupati Inhil yakni hamparan kelapa dunia sehingga menjadi pertanyaan oleh tamu luar, maka dari itu pihaknya mencoba membuat peremajaan disana sehingga mudah ditinjau dan dilihat oleh orang-orang.

"Ini juga merupakan gerbang Kabupaten Inhil karena Bupati kita sering menerima tamu baik dari provinsi, pusat, sering menanyakan dimana perkebunan kelapa yang namanya hamparan kelapa dunia, padahal kita tau bahwa perkebunan kelapa di Inhil berada di dalam, maka dari itu, langkah awalnya adalah program kelapa terpadu ini dilaksanakan dan tentunya akan terus berlanjut," tambahnya.


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar