Pendidikan Gratis Hingga Perguruan Tinggi

Genius Umar Paparkan Program Unggulan Pemko Pariaman

Wali Kota Pariaman, Dr Genius Umar MSi.(foto humas pemko pariaman)

SIBERONE.COM - Sejumlah program unggulan diusung Dr H Genius Umar MSi sejak memimpin Kota Pariaman mulai tahun 2018 lalu. Program unggulan yang difokuskan pada pendidikan, sosial, infrastruktur dan pariwisata itu diharapkan bisa mengatasi berbagai masalah, mulai dari kemiskinan, kesehatan, pariwisata dan sebagainya.

"APBD Kota Pariaman memang kecil, tapi kami berusaha semaksimal mungkin agar APBD ini bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Makanya, program-program APBD ini kami fokuskan untuk sektor pendidikan, sosial, kesehatan hingga pariwisata," ujar Wali Kota Pariaman, Genius Umar saat berkunjung ke Kota Pekanbaru, Jumat (3/2/2023) akhir pekan kemarin.

Sementara itu, lanjut Genius, untuk pembangunan infrastruktur di Kota Pariaman, pihaknya berkolaborasi dengan pemerintah pusat melalui program-program kementerian. Salah satu contohnya pembangunan Pasar Pariaman sebesar Rp120 miliar yang dibangun melalui APBN.

"Banyak pembangunan di Pariaman yang dananya dari pemerintah pusat, seperti pembangunan jalan lingkar, water front city dan lainnya. Jadi, APBD bisa kita gunakan untuk pendidikan, kesehatan dan sosial yang bersentuhan serta bermanfaat bagi masyarakat," ungkap Genius.

Genius menyatakan bahwa keterbatasan anggaran tidak boleh membuat pemerintah berhenti berinovasi dalam melayani masyarakat. Hal itu yang membuat dirinya terus mendorong OPD di lingkungan Pemko Pariaman agar selalu kreatif dan aktif menjemput dana pemerintah pusat. Salah satu caranya menyingkronkan program pemerintah pusat dengan pemerintah daerah.

"Sebagai contoh Pemko Pariaman telah membuka 16 ruas jalan baru dengan sistem gotong royong atau non budgeter. Dimana jalan yang dibangun non budgeter ini sudah selesai 40 kilometer, bahkan masyarakat sendiri yang menyerahkan tanahnya untuk dibangun akses jalan ini, belum lagi berbagai kebijakan yang kami luncurkan untuk membantu masyarakat," sebut alumnus IPB ini.

Genius menjabarkan, ada beberapa program unggulan yang diusung sesuai visi misi Pemko Pariaman, seperti, Pendidikan Gratis bagi SD, SMP hingga SMK/SMA Negeri se-Kota Pariaman, Program Satu Keluarga Satu Sarjana (SAGA SAJA), Kartu Pariaman Pintar (KPP) dan Program Kesehatan Gratis.

"Salah satu Program Prioritas/Program Unggulan kami sebagai Walikota dan Wakil Walikota Pariaman Periode 2018-2023, adalah Pendidikan Gratis SD, SMP dan SMA/ SMK. Sejak perpindahan kewenangan SMA/SMK ke provinsi, maka Pemko Pariaman menganggarkan bantuan keuangan bersifat khusus yaitu, Pemko Pariaman memberikan bantuan keuangan untuk Pemprov Sumbar, nantinya Pemprov Sumbar yang akan menyalurkan bantuan keuangan khusus tersebut ke SMA/SMK Negeri yang ada di Kota Pariaman," jelasnya.

"Pemberian Bantuan Keuangan Bersifat Khusus ini adalah cara untuk mewujudkan Wajib Belajar 12 tahun, dengan pendidikan gratis SD, SMP dan SMA/ SMK Negeri di Kota Pariaman. Jadi semua siswa SMA/ SMK yang berasal dari Kota Pariaman tidak di pungut biaya lagi (uang komite)," tambah Genius.

Sementara itu, untuk masyarakat miskin, Pemko Pariaman juga mempunyai program Saga Saja (Satu Keluarga Satu Sarjana). Kemiskinan ini kadang kala turun temurun, orang miskin menyebabkan mereka tidak bisa bersekolah. Untuk memutus rantai kemiskinan adalah melalui intervensi pendidikan.

“Kita menyekolahkan anak-anak yang tidak mampu ini melalui program Saga Saja yakni satu rumah harus ada yang sarjana ke beberapa politeknik yang telah bekerja sama dengan Pemko Pariaman baik PNP, ATIP, Poltekpel Sumbar, Politeknik Perikanan dan Kelautan, Vokasi UI, Telkom dan IPB. Program ini telah terlaksana selama tiga tahun dan tahun ini sudah ada lulusan dari PNP dan diharapkan mereka bisa langsung bekerja. Ketika anak ini bekerja ia bisa membantu keluarganya untuk keluar dari kemiskinan," ulas Genius.

Genius juga menuturkan bahwa anak harus memiliki motivasi yang tinggi, agar bisa masuk ke perguruan-perguruan tinggi lain yang hebat di Indonesia.

“Dan diharapkan nantinya anak-anak Pariaman menjadi anak hebat dan menjadi pemimpin dimasa depan. Dan tugas sekarang anak-anak adalah belajar dengan baik”, tutur Genius.

Program unggulan lainnya, ungkap Genius, adalah program di sektor pariwisata. Adapun kegiatan pariwisata yang saat ini ditawarkan oleh Kota Pariaman adalah sport tourism.

"Adanya sport tourism ini telah berhasil mendatangkan wisatawan lokal. Hal ini terbukti dengan penuhnya hotel di Kota Pariaman ketika akhir pekan tiba," terangnya.

"Dengan berbagai terobosan dan program unggulan ini, kami berharap perekonomian Kota Pariaman bisa semakin meningkat, rakyat sejahtera dan infrastruktur lebih baik," tukas Genius.(yan)


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar