Grafik Prevalensi Stunting Kecamatan Tempuling Tahun 2021 dan 2022 Terjadi Penurunan

Grafik Prevalensi Stunting Kecamatan Tempuling Tahun 2021 dan 2022 (sumber foto: Dok. Dinkes Inhil)

SIBERONE.COM - Data grafik Analisis Publikasi Hasil Pengukuran Stunting Tahun 2021 dan 2022 di Kecamatan Tempuling khususnya Desa Teluk Kiambang mengalami penurunan.

Hal ini menunjukkan adanya konvergensi program/intervensi upaya percepatan pencegahan stunting telah mampu menurunkan presentase balita stunting di Kecamatan Tempuling atau Desa/Kelurahan Sungai Salak.

Kepala Dinas Kesehatan Inhil, Rahmi Indrasuri menuturkan hal tersebut tentunya tidak terlepas dari peran Pemerintah Kabupaten Inhil yang telah mengadakan Rembuk Stunting dengan menetapkan 40 Lokasi Khusus (Lokus) desa untuk intervensi spesifik dan sensitif pada lokus tersebut. 

Rahmi menambahkan, pemerintah juga terus berupaya untuk dapat mengurangi prevalensi stunting dengan cara intervensi yang dilakukan pada 1.000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) dari anak balita yang memerlukan konvergensi program/intervensi dan upaya sinergis pemerintah serta dunia usaha/masyarakat. 

Kemudian, lanjutnya, Kecamatan Tempuling atau Desa/Kelurahan Sungai Salak juga turut membantu Pemerintah dalam mengurangi prevalensi stunting melalui perbaikan gizi di masa 1.000 Hari pertama Kehidupan (HPK), antara lain dengan semakin gencarnya sosialisasi ASI Ekslusif, pendidikan gizi untuk ibu hamil, pemberian TTD pada remaja putri di sekolah, pemberian TTD untuk ibu hamil, pemberian makanan tambahan ( PMT) pada ibu hamil yang mengalami KEK, IMD, Pemberian makan pada Bayi, dan Anak (PMBA),pemberian susu pada balita gizi kurang, pemberian mikro, nutrient (taburia), pemberian vitamin A pada bayi dan balita, pemberian obat cacing, program Kesehatan lingkungan, penyediaan sarana dan prasarana air bersih dan sanitasi.

"Upaya-upaya tersebut menyasar pada kelompok beresiko yang perlu mendapatkan perhatian antara lain Remaja putri, Calon Pengantin, Ibu Hamil, Bayi, dan Usia Bawah dua tahun (Baduta)," ungkapnya, Rabu (21/12/2022).

"Dari upaya percepatan pencegahan stunting yang dilakukan Kecamatan Tempuling atau Desa/Kelurahan Sungai Salak menunjukkan adanya konvergensi program/intervensi yang mampu menurunkan presentase balita stunting di kecamatan Tempuling atau Desa/Kelurahan Sungai Salak," imbuhnya.


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar