IBI Inhil Selenggarakan Berbagai Bakti Sosial Rangka HKN ke-58

Ketua IBI, Bupati Inhil, Bunda Stunting dan Kepala Dinas Kesehatan Inhil, Senin (sumber foto: Siberone.com/Nia Nismaini)

 


SIBERONE.COM - Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) menggelar kegiatan Publikasi Stunting, Bakti Sosial Ikatan Bidan Indonesia Kabupaten Inhil yang bertempat di Lapangan Gajah Mada, Tembilahan.

Kegiatan dengan Tema "Bersama Kita Cegah dan Tanggulangi Stunting" ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke- 58 dengan mengangkat tema "Peranan Dalam Penanganan Intervensi Stunting".

Berbagai kegiatan bakti sosial yang dilaksanakan IBI Inhil diantaranya pemeriksaan kesehatan, pemberian makanan tambahan, senam dan donor darah, dengan sasaran balita stunting, Baduta (anak dibawah usia dua tahun), remaja putri, wanita pra nikah, ibu hamil dan masyarakat.

Ketua Ikatan Bidan Indonesia, Kabupaten Inhil Salmariantity, A.Md.Keb. SKM, M.K.M mengungkapkan kegiatan ini dilakukan dalam upaya memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

"Kegiatan yang dilaksanakan pada hari ini tentunya merupakan upaya kita dalam memberikan hak masyarakat untuk secara gratis dan mendapatkan pelayanan kesehatan," ucapnya.

Sementara itu, Bupati Inhil mengatakan menyadari sepenuhnya betapa penting peran bidan sebagai mitra terdekat dalam kehidupan ibu, bayi dan anak. bidan adalah garda terdepan dalam membentuk generasi terbaik bangsa, dan merupakan profesi yang sangat memiliki andil besar terkait dengan periode emas anak atau 1.000 hari pertama kehidupan, karena di periode bidan akan selalu memberi pendampingan kepada ibu maupun sang bayi.

Dengan kegiatan ini Bupati Inhil, HM Wardan berharap penanggulangan stunting melalui pendekatan lintas sektor menjadi solusi dan sebagai sebuah langkah konkrit.

"Pendekatan lintas sektor ini melibatkan berbagai pihak antara lain pemerintah pusat dan pemerintah daerah, lembaga sosial kemasyarakatan dan keagamaan, akademisi, dan media massa. memang upaya penanggulangan stunting tidak mudah dilakukan, karena banyak melibatkan pihak dengan kepentingan," ucap Bupati dalam sambutannya sekaligus membuka Bakti Sosial Ikatan Bidan Indonesia Kabupaten Inhil.


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar