Akuratkan Pendataan, Pemda Bansari Gelar Rapat Internal Terkait Perkembangan Regsosek

Pemerintah Kecamatan Bansari, Kabupaten Temanggung Rapat internal terkait perkembangan Regsosek di Gedung Kantor Camat Bansari, Kamis (13/10/2022). (sumber foto: Siberone.com/Sholikin)

 


SIBERONE.COM - Pemerintah Kecamatan Bansari, Kabupaten Temanggung Rapat internal terkait perkembangan Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) yang diadakan di Gedung Kantor Camat Bansari, Kamis (13/10/2022).

Dalam sambutan sekaligus membuka rapat Regsosek tersebut, Camat Bansari, Rudiastoto, S.Sos,MM mengapresiasi peningkatkan kesejahteraan masyarakat pentingnya ekosistem pendataan perlindungan sosial yang terintegritas secara menyeluruh agar perlindungan sosial tepat pada sasaran.

Kegiatan rapat yang diikuti oleh Camat Bansari, staff dan jajarannya, Kades dan perangkat serta elemen masyarakat ini merespon program perlindungan sosial bagi seluruh warga negara berdasarkan kerentanan untuk memenuhi prinsip tepat sasaran, tepat waktu, mudah akuntabel,  dan responsif terhadap kondisi bencana.

"Mari mencatat membangun negeri ini dengan pendataan yang betul-betul tepat sasaran supaya satu data Indonesia yang sama jangan sampai menjadi salah terkait dengan penyaluran bantuan sosial data menjadi valid dan berkualitas," ungkap  Camat Bansari.

Terdapat 6 persyaratan dalam reformasi sistem perlindungan sosial yaitu, Persyaratan utama adalah transformasi data menuju registrasi sosial ekonomi (Regsosek) seluruh penduduk.

Tujuan dari pendataan awal regsosek adalah untuk menyediakan sistem dan basis data seluruh penduduk yang terdiri atas profil kondisi sosial ekonomi dan tingkat kesejahteraan yang terhubung dengan data induk kependudukan serta data basis lainnya hingga tingkat desa/kelurahan.

Menurut Kepala Desa Balesari, Jumariah pembekalan tata cara dasar melalui edukasi ini harus betul dipahami.

"Kita berharap dengan data yang valid ini supaya tidak menyimpang dan tepat sasaran. partisipasi aktif seluruh warga masyarakat untuk menerima petugas yang datang di rumah, menjawab pertanyaan yang benar, dan jujur untuk menghasilkan data yang akurat," demikian ungkapnya.(Sholikin)


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar