Sukses Urus Akta Kelahiran dari Jarak Jauh, Cindy Az Zahra Akui Aplikasi DUKCAPIL INHIL Membantu Masyarakat

Cindy Az Zahra (sumber foto: @Cindy Az Zahra)

 


SIBERONE.COM - Pelayanan administrasi kependudukan dengan sistem online telah diberlakukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukpencapil) Kabupaten Indragiri Hilir dengan menggunakan sistem aplikasi Dukcapil Inhil. Tak hanya cepat dan mudah, dokumen yang sudah jadi pun bisa langsung dicetak olah pemohon.

Inovasi ini sepertinya sangat membantu sekali kepada masyarakat Inhil khususnya yang jauh dari kabupaten karena tidak perlu lagi mengeluarkan uang dan waktu untuk mengupayakan kepengurusan dokumen. 


Seperti yang dilakukan oleh Cindy Az Zahra, warga Inhil yang saat ini tinggal di Kota Jambi, Provinsi Jambi. Dengan jarak yang jauh namun ia dengan mudah dapat mengurus dokumen kependudukannya dengan menggunakan aplikasi Dukcapil Inhil yang sudah bisa diunduh melalui Play Store.

Ibu muda ini saat dikonfirmasi mengatakan penggunaan aplikasi Dukcapil Inhil ini cukup mudah, semua item pilihan kepengurusan dokumen lengkap tercantum di aplikasi.

"Penggunaannya sangat mudah, kita tinggal download aja aplikasi Dukcapil Inhil, dalam aplikasi itu lengkap pilihannya mau buat surat apa, nanti di aplikasi dilengkapi semua persyaratan yang harus dipenuhi sesuai surat yang mau buat. Saya sudah dua kali membuat akta kelahiran anak saya dari jauh, Alhamdulillah dalam waktu 4 hari kerja selesai jika persyaratan nya lengkap. Nanti aktanya di kirim pihak Capil melalui Email dan kita tinggal print sendiri," jelas Cindy, Jumat (16/9/2022).

Banyak manfaat yang  didapatkan dengan penggunaan aplikasi tersebut. Hingga sejauh ini Cindy mengungkapkan belum menemukan kekurangan apapun dari aplikasi itu.

"Sejauh ini saya menggunakan aplikasi Dukcapil Inhil tidak ada kritik atau kekurangan, Alhamdulillah semua nyaman asal sesuai prosedur dan persyaratan lengkap, yang ada hanya manfaat yang saya dapatkan. Alhamdulillah terbantu sekali dengan aplikasi yang ada," ungkapnya.

Ia berharap masyarakat Inhil semakin banyak menggunakan aplikasi itu, terkhusus masyarakat yang domisilinya jauh dari kantor Disdukcapil Inhil.

"Semoga semua masyarakat semakin banyak yang tau jadi makin mudah mengurus surat-surat tanpa harus ke kantor, apalagi buat orang daerah atau perantauan jadi lebih hemat tanpa mengeluarkan biaya untuk ongkos transportasi dan waktu buat mengantri ke Kantor langsung," harap Cindy.

 

Wartawan: Ema


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar