Babinsa koramil 06/KTM Gencar Patroli Antisipasi Karhutla di Wilayah Binaan Desa Sumber Sari Jaya

Dokumentasi (istimewa)

SIBERONE.COM - Dalam rangka pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), Babinsa koramil 06/Kateman, jajaran Kodim 0314/Inhil kopda Ferry T.M Sinaga, menggelar patroli di wilayah binaan desa Sumber Sari Jaya, Kecamatan Teluk Belengkong, kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Sabtu (16/7/2022) pagi.


Babinsa Koramil 06/Kateman kopda Ferry Sinaga mengatakan, kegiatan itu dilakukan dengan menyelusuri kebunan masyarakat dan lahan-lahan gambut yang dianggap rawan terjadinya kebakaran.


"Hari ini sasaran patroli kita bebarapa di perkebunan kelapa masyarakat yang ada di wilayah desa Sumber Sari Jaya," ungkap Kopda Ferry TM Sinaga.


Selain melakukan patroli, pihaknya juga melakukan sosialisasi kepada masyarakat setempat untuk tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan.


"Kita ajak warga ikut berperan aktif turut serta dalam menjaga dan mencegah terjadinya kebakaran. Karena peran serta masyarakat sangat diperlukan dengan cara tidak membakar hutan saat akan membuka lahan perkebunan," ujarnya.


Sementara itu secara terpisah, Komandan Kodim 0314/Inhil Letnan Kolonel Inf M Nahruddin Roshid. Melalui Danramil Koramil 06/Kateman kapten Inf Iwan Andoko, menjelaskan bahwa dirinya telah memberikan instruksi kepada para Babinsa di Koramil jajaran 06/KTM, agar memaksimalkan patroli di wilayahnya masing-masing guna mencegah terjadi Karhutla.


"Kita mensosialisakan kepada masyarakat. Jika dengan sengaja membakar hutan akan dikenakan undang-undang nomr 41 tahun 1999 tentang kehutanan, di mana didalamnya terdapat pasal 78 ayat 3 dan pasal 78 ayat 4," tegas Danramil 06/Kateman kapten Inf Iwan Andoko.

Sumber Batituud Koramil 06/KTM 


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar