Khawatir Terjadi Banjir Susulan, Warga Penggaron Kidul Secara Swadaya Perbaiki Sungai Babon


SIBERONE.COM  - Banjir di awal tahun 2021 tepatnya di bulan Januari ini merupakan banjir terbesar yang melanda di Kelurahan Penggaron Kidul Semarang sejak 20 tahun silam.

Banjir besar yang terjadi pada tanggal (21/1/2021) baru-baru ini mengakibatkan Sungai Babon meluap hingga turun ke perumahan warga yang menyebabkan puluhan rumah terendam banjir hingga mencapai 70 cm.

Menurut Agus salah satu warga setempat kepada wartawan menuturkan meluapnya Sungai Babon akibat diguyur hujan lebat disebabkan karena pendangkalan sungai yang meluber melewati batas tanggul sehingga masuk dan merendam ke perumahan warga RT. 03 RW. 01, RW. 02 dan RW. 06 Kelurahan Penggaron Kidul Semarang, Sabtu (23/1/2021).

Untuk mengantisipasi adanya banjir susulan, warga setempat bergotong-royong secara swadaya dengan meninggikan tanggul sungai setinggi 50 cm dan panjang kurang lebih 100 m, "ujar Agus.

"Beberapa warga sudah ada yang membelikan tanah dua dam truck, semen dan lain-lain untuk dikerjakan warga siang ini dan dilanjutkan hingga besok pagi, "kata Agus.

Dikatakan Agus untuk anggaran perbaikan peninggian tanggul Sungai Babon sendiri berasal dari iuran warga secara swadaya dan sudah terkumpul sekitar 4 jutaan.

"Alhamdulillah, partisipasi dan kepedulian warga begitu besar. Karena ini untuk kepentingan bersama," ucapnya.

Warga berharap semoga peninggian tanggul sungai ini bisa menanggulangi dari pada luapan air sungai akibat banjir susulan," pungkasnya. (Agus R)


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar