Soft Launching Sentra UMKM dan Kuliner Desa Ciapus


SIBERONE.COM - Camat Ciomas Drs. Chairuka Judhyanto. M.Si. di dampingi Kades Ciapus Pendi, Ketua Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti Fetty Asmaniati, SE., Ketua Pengawas BUMdes CCM Anwar Sanusi serta Pengurus BUmdes CCM meresmikan Setral UMKM dan Kuliner Desa Ciapus sekaligus di tandai dengan pengguntingan pita oleh Camat Ciomas, Rabu (10/11/2021).

Soft launching yang di gelar di Taman Pinus Teduh berjalan sukses dan lancar dengan menerapkan protokoler kesehatan Covid-19.

Ketua Pengawas  BUMdes Ciapus Anwar Sanusi mengatakan kepada awak media, "Gagasan sentra kuliner ini diawali dengan keterpurukan ekonomi warga desa pasca pandemi sehingga kita ada ide gimana caranya supaya ekonomi tumbuh secara mandiri melihat potensi kearifan lokal yang ada yaitu banyaknya UMKM di Desa Ciapus, kita ambil beberapa UMKM yang memang punya potensi, punya kemampuan untuk maju, maka kami BUMdes CCM dan Pemdes Ciapus menyiapkan warung-warung ini di sentra kuliner ini, muda-mudahan mereka maju dan bisa bantu yang lain nya jadi kita ingin kemandirian ekonomi," ungkapnya .

Camat Ciomas, Chairuka Judhyanto mengatakan dirinya sangat apresiasi dan mensupport dibukanya sentra kuliner. Ini merupakan launching untuk meningkatkan UMKM sekaligus di kolaborasikan dengan Desa Wisata Potensi. Desa Wisata Ciapus ini salah satunya Ngalun atau Papalidan karena dilokasi ini ada sungainya, maka disinergikan antara kuliner dengan wisata," ujarnya.

"Kami sangat mendukung sekali, makanya bagimana kita bersama-sama agar lebih maju, kita mendorong, pertama UMKM bisa berdiri sendiri dan bisa bernovasi mengembangkan produknya untuk meningkatkan usahanya di sesuaikan dengan potensi yang ada termasuk pendanaannya.

Kepala Desa Ciapus, Pendi mencanangkan Desa Wisata Ciapus beberapa saat kemudian STP Trisakti masuk membantu kita. Ini jalan dari Allah karena niat kita baik tiba-tiba Trisakti masuk dan membantu kita," paparnya.

Saya ucapkan terimakasih pada STP Trisakti karena sangat membantu dan di push oleh mereka. STP Trisakti memberikan bantuan modal seperti iven, alat-alat barista dan lainnya. 

Saat ini kita serius dulu wisata kulinernya, sambil pelan-pelan berbenah.  Kedepan Desa Wisata Ciapus yang kita beri nama "Dewi Cinta " singkatan Desa Wisata Ciapus kita adalah Desa Wisata yang mengedepankan konsep wisata berbasis kearifan lokal untuk memuaskan dahaga turis lokal maupun internasional akan wisata alam, wisata kuliner dan wisata produktif di tataran Pasundan.

Kedepannya Dewi Cinta akan dilengkapi beberapa fasilitas di antaranya Papalidan karena Dewi Cinta di lintasi sungai, wisata agro dan perternakan, wisata stay. Rencana kedepan ada kantor desa dan sarana olahraga kita terintegrasi ada KUA juga ada Mapolsek Ciomas.

Ketua Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti Fetty Asmaniati, SE. MM "Bahwa pihaknya merasa bersyukur sekali karena telah diberi kesempatan untuk berpartisipasi  dalam perencanaan pembuatan wisata di Desa Ciapus khususnya di Ciapus Permai ini. Kami bersyukur karena dari Pemerintah Desa Ciapus ini bersedia bekerjasama ini bisa terus berlanjut dan bermanfaat bagi kita semua," katanya. (Andy)


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar