Sekum BKPRMI Aceh Singkil, Terima Buku dari Dosen STAIN Meulaboh


SIBERONE.COM - Salah satu karya ilmiah Dr. H. Syamsuar, M.Ag yang pernah jabat Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Agama Islam Negeri Tengku Chiek Di Runding adalah tulisan berupa buku sejarah kelahiran dan perjuangan Tengku Chiek Di Runding. Buku itu terbit dan sudah beredar sehingga dapat di baca.

Tengku Chiek Di Runding merupakan salah seorang ulama pejuang yang paling berpengaruh di pantai Barat Selatan. Seorang ulama yang sangat setia terhadap negara dan bangsanya yang sudah tercatat dalam sejarah perjuangannya.

Sehingga nama beliau sudah di Abadikan  menjadi salah satu nama Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri di Aceh. Yaitu STAIN Tengku Chiek Di Runding yang terletak di Meulaboh Kabupaten Aceh Barat.

Banyak kisah dan perjuangan semasa hidup beliau yang selalu berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat lain yang itu semua sikap seorang ulama yang di segani dan yang paling di cari serta di musuhi oleh kolonial Belanda pada saat itu.

Salah satu penghargaan terhadap perjuangan Tengku Chiek Di Runding itu adalah kita mesti mengetahui dan meng perjuangan beliau yang gigih dan tangguh dalam rangka mencintai bangsa dan negaranya melalui membaca buku ini.

Untuk itu buku ini lahir dari hasil penelitian seorang Dosen STAIN Tengku Chiek Di Runding yang di tulis oleh Dr. Syamsuar, M.Ag menjadi sebuah karya yang merupakan salah satu bentuk kepedulian Dr. Syamsuar atas kekayaan sejarah.

Buku sejarah kelahiran dan perjuangan Tengku Chiek Di Runding ini merupakan salah satu hasil penelitian yang patut kita baca dan sosialisasikan ke generasi berikutnya agar dapat menjadi tambahan referensi untuk mengisi pembangunan pendidikan Aceh kedepan.

" Saat ini buku itu sudah sampai ke tangan salah satu generasi Aceh Singkil yaitu Sekretaris Umum BKPRMI Aceh Singkil, buku ini sudah kami terima dan langsung di serahkan penulis dan peneliti Aceh yang produktif saat ini yaitu Dr. Muhajir yang juga salah satu dosen STAIN Tengku Chiek Di Runding setelah FGD yang di gelar di Kantor MPU Aceh Singkil". Kata Mustafa Naibaho

Lanjut Mustafa Naibaho, kepada Dr. Syamsuar rasa terimakasih yang setinggi-tingginya atas buku yang sudah di berikan kepada kami selaku generasi saat ini sehingga kami bisa tau sejarah dan perjuangan ulama Tengku Chiek Di Runding, semoga perjuangan Tengku Chiek Di Runding ini menjadi motivasi kami sebagai generasi penerus di Aceh.

Ris


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar