Tiga Pelaku Spesialis Ganjal ATM Dibekuk Sat Reskim Polres Cirebon Kota


SIBERONE.COM - Polres Cirebon Kota berhasil mengungkap sindikat pengganjal ATM yang kerap beraksi di Kota Cirebon, selama menjalankan aksinya pelaku sudah berhasil menggasak uang senilai Rp175 Juta, yang dilakukan di tiga TKP yang berbeda-beda.

Ketiga Pelaku yang merupakan pria paruh baya tersebut, baru melakukan aksinya di tiga Tempat Kejadian Perkara (TKP), satu kali dilakukan pada bulan November 2020, dan dua aksi lainnya dilakukan pada Maret 2021.

Para komplotan pengganjal ATM ini melakukan aksinya yang diawali dengan memantau mesin ATM, setelah itu menentukan target yang akan menjadi korbannya. Biasanya, pelaku memilih mesin ATM yang sepi dan tanpa penjagaan.

Kapolres Cirebon Kota AKBP Imron Ermawan, SH S.IK.MH menjelaskan pada Konferensi Press, Modusnya, para pelaku memasang alat dari potongan botol air mineral yang ditempatkan di tempat kartu ATM, Senin (12/04/2021).

"Alat yang dipasang oleh pelaku membuat kartu ATM terganjal dan tidak bisa keluar, dan pelaku mulai menjalankan aksinya dengan berpura-pura ingin membantu korban," jelas Kapolres Cirebon Kota AKBP Imron Ermawan, SH S.IK. MH.

Lanjut Kapolres Cirebon Kota AKBP Imron Ermawan, SH S.Ik MH, Pelaku pun meminta korbannya untuk menekan angka-angka, termasuk PIN ATM milik korban.

"Disuruh pencet pin dan hal lainnya, tanpa sadar tersangka mengingat pin yang ditekan korban," ungkap AKBP Imron Ermawan, SH S.IK. MH.

Kapolres Cirebon Kota AKPB Imron Ermawan SH S.IK. MH juga menghimbau kepada masyarakat Kota Cirebon bila mengalami kejadian di ATM untuk tidak panik dan menolak orang yang tidak dikenal untuk membantu serta untuk segera menghubungi pihak Bank.

"Pelaku melakukan aksinya menarik kartu ATM yang terganjal menggunakan alat setelah korban pergi meninggalkan ATM. Dari aksi yang sudah dilakukan pelaku di 3 TKP, nilai kerugian capai Rp.175.756.000,-" Tutup AKBP Imron Ermawan SH S.Ik MH.

IPTU Ngatidja SH. MH Kasubag Humas Polres Cirebon Kota menambahkan Sat Reskrim Polres Kota Cirebon yang dipimpin kasat Reskrim Polres Cirebon Kota, AKP I Putu Hasti, Hermawan, SIK, MH, M.Si dan Katimsus Iptu Shindi Al-Afghany, SH, MH., melakukan penyelidikan dan berhasil menangkap 3 tiga pelaku sindikat pengganjal ATM bermodalkan rekaman CCTV yang ada di TKP. (Lidya)


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar