Orient Dinilai Lecehkan Konstitusi, Pilkada Sabu Raijua Harus Diulang


SIBERONE.COM - Kontrofersi kewarganegaraan Bupati terpilih Sabu Raijua, Orient Patriot Riwu Kore yang telah bergulir di Mahkamah Konstitusi (MK) dengan registrasi perkara nomor 135/PHP.BUP-XIX/2021 kian memanas.

 

Perkembangan Perkara Pilkada Sabu Raijua akan dilaksanakan sidang lanjutan pada selasa (23/3/2021) mendatang di Ruang Sidang Mahkamah Konstitusi dengan Acara Pemeriksaan Pendahuluan.

 

Kuasa Hukum Pemohon, Yafet Y. W. Rissy.,S.H.,M.Si.,L.L.M.,Ph.D optimis akan dilakukannya pemilihan ulang.

 

"Optimis bahwa dalam perkara ini Mahkamah Konstitusi (MK) dapat melakukan terobosan hukum baru untuk mengatasi kekosongan hukum yang terjadi saat ini sehingga dapat memberi keadilan bagi rakyat Sabu Raijua dan memerintahkan sesegera mungkin untuk dilaksanakan pemilihan suara ulang," kata selaku Kuasa hukum dari Pemohon Ir. Takem Irianto Pono, M.Si dan Ir Herman Hegi Radja Haba tersebut.

 

Yafet Rissy juga menyampaikan bahwa perbuatan Orient merupakan bentuk pelecehan terhadap Konstitusi.

 

"Perkara ini tentunya merupakan perkara pertama yang terjadi di Indonesia karena adanya temuan dugaan cacat administrasi serta dikuatkan dengan pengakuan Orient yang memiliki 2 pasport, jelas perbuatan ini merupakan pelecehan terhadap Konstitusi, maka demi Wibawa NKRI Mahkamah Perlu melakukan terobosan Hukum Baru," ujar Yafet. (HS)


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar