43 Peserta Kategori SMA, OPD dan Umum Ikuti Fashion Show Batik Khas Inhil


SIBERONE.COM - Lomba Fashion Show yang dilaksanakan di gedung engku kelana berjumlah 43 peserta dengan katagori SMA Sederajat, dan OPD/ Umum dalam rangka milad, acara ini menampilkan batik khas inhil guna memajukan batik inhil. ( 14 Juni 2024 )

Turut Hadir Unsur Porkopimda, Kepala Dinas Pariwisata, Kepala Dinas Pendidikan, Ibu bayangkari, Ketua Pengadilan, Dharmayukti, Ibu Kepala Kantor Adiyaksa Kartini, Ibu Ketua Persit, Ibu Pengurus dan Anggota PKK, dan Dewan Juri Serta Seluruh Peserta Lomba.

Dalam sambutannya Ibu Pj. Hj. Katerina Susanti, SKM, M.Kes. Sebagaimana diketahui bersama bawa Kabupaten Inhil selain dikenal Negri Seribu Parit, juga kaya akan seni budaya warisan leluhur, salah satunya yaitu batik.

Ia menjelaskan Batik adalah salah satu warisan budaya indonesia yang telah diakui Unesco sebagai warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan non lisan bendawi pada 2 Oktober 2009, sehingga tanggal tersebut diperingati hari Batik Nasional.

"Batik merupakan salah satu warisan indonesia salain songket, tenun dan kain ikat, yaitu kain tradisonal yang sarat akan makna budaya nusantara, masing-masingnya memiliki ciri khas yang dapat membedakan dari simbol, warna, ukuran hingga material yang digunakan, dalam setiap daerah, batik memiliki desain dan motif yang merupakan ciri khas daerah tersebut," ucapnya. 

Pj. Katerina Merasa bangga dengan batik inhil, dengan motif dan corak yang khas, yang dapat  disaksikan bersama kekhasan dan keindahannya pada acara lomba ini. 

"Kita berharap dalam ajang ini bukan hanya habis sampai disini saja namun kita dapat mengekspos dan mempromosikan, mengembangkan dan mensejahterakan agar kita dapat bersaing dan tidak kalah dengan batik-batik yang ada di indonesia serta dapat mendongkrak perekonomian masyarakat indragiri hilir khususnya," katanya. 

Terakhir ia membuka dengan mengapresiasi kegiatan ini, dan ucapan terimakasih kepada seniman, pemerhati dan para pengrajin batik, atas dedikasinya selama ini terhadap batik inhil, tetap berkarya dan berinovasi, dan selanjutnya beliau menjadi juri dalam lomba ini.


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar