Peringati Hari Lingkungan Hidup, BPJS Ketenagakerjaan Lakukan Gerakan Pemungutan Sampah

Kantor Cabang Pekanbaru Kota saat hadir dalam ajang olahraga lari lintas alam, Bandar Khayangan Trail Run Pekanbaru 2024, Ahad (12/5/2024)

SIBERONE.COM - Dalam memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh setiap tanggal 5. Juni, BPJS Ketenagakerjaan Kantor Wilayah Sumbarriau melaksanakan kegiatan employee volunteering bertajuk "Go Green" yang berfokus pada pembersihan di area kawasan Stadion Utama Riau pada Rabu 5 Juni 2024.

Kepala Kantor Wilayah BPJS Ketenagakerjaan Sumbarriau Kepri, Eko Yuyulianda menyampaikan bahwa Kegiatan Employee Volunteering merupakan bagian dari Program Tanggung jawah Sosial dan Lingkungan (TJSL) yang diselenggarakan rutin setiap tahunnya, dengan pendanaan secara swadaya atau bersumber dari kantong pribadi karyawan.

"Dengan mengusung tema "Mari Berteman Dengan Lingkungan", kegiatan Employee Volunteering kali ini kami bersama-sama melakukan gerakan mengumpulkan sampah di area stadion. Setiap karyawan membawa tas atau kantong plastik, kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki sambil memungut botol pastik, kertas, kaleng, dan berbagai jenis sampah lainnya yang mereka jumpai. Sampah yang berhasil dipungut oleh karyawan akan dikumpulkan dan kemudian akan dibuang ke bak pembuangan sampah umum," ungkap Eko.

Lebih lanjut, Eko menjelaskan kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan kebersihan lingkungan. Dengan membersihkan sampah-sampah plastik di area kawasan tersebut, BPJS Ketenagakerjaan ingin memberikan contoh dasar kepedulian lingkungan dan mengingatkan masyarakat akan dampak negatif yang dihasilkan oleh polusi plastik dan sampah yang tidak terurai. Sebagai diketahui area kawasan Stadion Utama Riau merupakan salah satu tempat yang dimanfaatkan. oleh masyarakat Kota Pekanbaru untuk melakukan kegiatan olahraga seperti jogging, badminton, dan jalan santai. Melalui kegiatan ini Eko berharap masyarakat tidak hanya mengenal BPJAMSOSTEK sebagai Badan Penyelenggara Jaminan Sosial yang peduli kepada kesejahteraan pekerja, lebih dari itu kami ingin memperkenalkan bahwa BPJS Ketenagakerjaan juga peduli terhadap kelestarian lingkungan sekitar, ujarnya.

Di sisi lain, Eko juga mengajak seluruh pekerja dan pemberi kerja untuk memastikan dirinya terlindungi program jaminan sosial ketenagakerjaan, karena dengan memiliki perlindungan, pekerja dapat bekerja dengan tenang yang berujung pada masyarakat lebih produktif dan sejahtera. la mengatakan, perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan merupakan wujud negara melindungi seluruh pekerja melalui lima program. 

"Yakni Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM), Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Pensiun (JP) dan Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP)," tutup Eko.

 


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar