Sepanjang 2023 BPJS Ketenagakerjaan Sumbarriau Bayarkan Rp3,9 Triliun Klaim

Pers Gathering BPJS Ketenagakerjaan (BPJamsostek) Kantor Wilayah Sumbarriau (sumber foto: Dok. BPJAMSOSTEK)

SIBERONE.COM - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan (BPJamsostek) Kantor Wilayah Sumbarriau (Sumatera Barat, Riau dan Kepulauan Riau) mencatat hingga awal Desember 2023 telah membayarkan klaim total sebesar Rp3,9 triliun untuk 344.177 kasus klaim.

Deputi Direktur BPJamsostek Kantor Wilayah Sumbarriau, Eko Yuyulianda mengatakan pihaknya berkomitmen memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh peserta, termasuk dalam membayarkan klaim yang diajukan para peserta.

"Total klaim yang dibayarkan mayoritas dari pengajuan atau pencairan JHT sekitar Rp3,35 triliun, kemudian  4 program lainnya yaitu JKK, JKM, JP, dan JKP," ujar Eko, Senin (18/12/2023).

Eko menambahkan, BPJAMSOSTEK Sumbarriau juga menyerahkan beasiswa pendidikan kepada ahli waris peserta yang meninggal dunia. Mulai taman kanak-kanak sampai perguruan tinggi kepada 2.388 anak dengan jumlah mencapai Rp10 miliar.

Dengan banyaknya manfaat yang dirasakan peserta, hingga kini Eko mengakui masih ada pekerja khususnya di sektor informal yang belum mengetahui manfaat tersebut. Namun setelah dilakukan edukasi secara berkelanjutan, dan manfaat program BPJamsostek diketahui, para pekerja itu berminat langsung mendaftarkan diri menjadi peserta.

"Jadi para pekerja informal ini bukan gak mau ikut, tapi benar-benar tidak tahu manfaatnya. Setelah dia tahu dan manfaat ini juga amanat dari negara ini langsung minat mendaftarkan diri," paparnya.

Karena itu pihaknya mengharapkan dukungan berbagai pihak termasuk media untuk ikut menyampaikan beragam manfaat yang bisa dirasakan pekerja yang terdaftar sebagai peserta BPJamsostek.(yan)


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar