Tingkatkan Keterampilan Dasar, Dinkes Inhil Laksanakan Jambore Kader Posyandu

Foto bersama Kader Posyandu 3 Puskesmas di Kabupaten Inhil pada Jambore Kader Posyandu Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir, Senin (18/12/2023). (sumber foto: SIBERONE.COM/Nia Nismaini)

SIBERONE.COM - Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir (Dinkes Inhil) melaksanakan Jambore Kader Posyandu Kabupaten Indragiri Hilir yang diselenggarakan di Gedung Puri Cendana, Jalan Lingkar 2 Tembilahan, Senin (18/12/2023). 

Kegiatan yang diikuti 150 Kader Posyandu dari Puskesmas Tembilahan Kota,Puskesmas Tembilahan Hulu dan Puskesmas Gajah Mada ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan Kader Posyandu dalam memahami dan menerapkan 25 keterampilan dasar dalam pengelolaan posyandu, menambah wawasan dan mengasah keterampilan kader di bidang kesehatan serta menjadi silaturahmi antara kader untuk saling bertukar pengalaman. 

Dalam sambutannya, Kepala Dinkes Inhil, Rahmi Indrasuri yang diwakili Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (Kabid P2P, Devi Natalia mengatakan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia telah mengesahkan Transformasi Layanan Primer (ILP) untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan kepada masyarakat dan berkomitmen melakukan transformasi kesehatan dengan enam pilar utama.

Posyandu merupakan salah satu pilar utama dalam penyelenggaraan pelayanan kesehatan primer di Indonesia. Posyandu berperan penting dalam meningkatkan kesehatan masyarakat, terutama ibu hamil, ibu menyusui, bayi, balita, anak sekolah, remaja, dan lansia.

"Kabupaten Indragiri Hilir merupakan salah satu Kabupaten yang memiliki cakupan program posyandu yang cukup tinggi. Hal ini tentu tidak terlepas dari peran kader posyandu yang telah bekerja keras dan bersemangat dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat," ucap Devi. 

Sehubungan dengan itu, kata Devi kegiatan Jambore Kader ini merupakan salah satu bentuk apresiasi dan penghargaan kepada para kader posyandu yang telah berdedikasi dan berkontribusi dalam memberikan pelayanan kesehatan dasar kepada masyarakat. 

Selain itu, Jambore ini merupakan ajang silaturahmi antara para kader posyandu dari berbagai wilayah di Kabupaten Indragiri Hilir untuk saling bertukar pengalaman, pengetahuan dan motivasi dalam menjalankan tugasnya sebagai garda terdepan di wilayah masing-masing.

"Saya juga ingin menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para kader posyandu dan tenaga kesehatan yang telah bekerja keras dan tulus dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat," sebutnya. 

Terakhir, dia meminta kepada seluruh peserta Jambore untuk bersama mendukung program transformasi layanan primer yang dicanangkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 

"Saya mengajak kita semua untuk bersama-sama mendukung program transformasi layanan primer yang dicanangkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Mari kita jaga kesehatan diri kita, keluarga kita, dan lingkungan kita. Mari kita wujudkan Indonesia sehat, sejahtera, dan berdaya saing," tutup Devi sekaligus mewakili Kepala Dinkes Inhil membuka Jambore Kader Posyandu Kabupaten Indragiri Hilir. 

Untuk diketahui, kegiatan Jambore ini dilakukan dengan Workshop dan Lomba Kader Posyandu, serta pemberian materi dari Narasumber Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP. PKK) Kabupaten Inhil, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Inhil, dan Dinas Kesehatan Kabupaten Inhil. 


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar