Persiapan Menghadapi Pileg 2024

DPC Demokrat Kota Pekanbaru Lakukan Evaluasi dan Pemantapan Bacaleg

Ketua DPC Demokrat Kota Pekanbaru, Tengku Azwendi Fajri (sumber foto: Azwendi)

SIBERONE.COM - DPC Demokrat Kota Pekanbaru terus mematangkan persiapan untuk menghadapi Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024 mendatang. Salah satu adalah penguatan Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) untuk pemenangan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Ketua DPC Demokrat Kota Pekanbaru, Tengku Azwendi Fajri menyebutkan, tim penjaringan sudah melakukan penjaringan Bacaleg beberapa bulan lalu. DPC Demokrat Pekanbaru juga telah mengikuti tahapan-tahapan yang telah ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU). Bahkan, ada tahapan perbaikan-perbaikan.

"Insya Allah, 19 Agustus ada tahapan perbaikan kembali. Kami selalu melakukan evaluasi terhadap Bacaleg. Memang ini belum Daftar Calon Tetap (DCT). Namun seluruh Bacaleg begitu ditetapkan Pemilu menggunakan sistem proporsional terbuka, seluruh Bacaleg kami lepas turun ke masyarakat untuk sosialisasi," ujar Azwendi, Rabu (9/8/2023).

Disamping itu, lanjut Azwendi, DPC Demokrat Kota Pekanbaru juga melakukan penilaian terhadap Bacaleg. Bagaimana mereka betul-betul siap dan mampu memahami sebagai seorang Caleg. Sehingga jika nanti mereka duduk sebagai wakil rakyat, mereka akan menjadi anggota dewan yang teruji.

"Kami meminta dukungan kepada masyarakat Kota Pekanbaru terhadap Bacaleg-bacaleg kami. Berikan masukan kepada kami. Agar kami bisa melakukan pemantapan dan evaluasi secara berkesinambungan," pintanya.

Sementara itu, kata Azwendi, jelang penetapan DCT, DPC Demokrat Kota Pekanbaru akan terus melakukan evaluasi dan rapat pleno.

"Kami sudah mengirim 100 persen Bacaleg. Ada beberapa Bacaleg kami yang masih dicadangkan. Disamping itu mereka tetap melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Bukan tidak mungkin ada potensi bergeser dari Bacaleg yang ada. Semua tergantung kinerja mereka di lapangan kepada masyarakat. Bagaimana mereka bisa mengambil hati masyarakat," ungkap Azwendi

Terkait nomor urut belum ditetapkan, menurut Azwendi, karena ini Pemilu menggunakan sistem proporsional terbuka, nomor urut tidaklah terlalu penting. Namun secara ketentuan dan PO partai, DPC Demokrat Kota Pekanbaru akan tetap mengacu pada PO partai.

"Kami juga menyampaikan ke Bacaleg jangan menganggap nomor urut kecil itu bisa meraih suara yang banyak. Akan tetapi bagaimana mereka bisa mengambil hati masyarakat," katanya.

Disinggunf soal target pada Pileg 2024, Azwendi menegaskan jika DPC Demokrat Kota Pekanbaru masih optimis dari 7 Daerah Pemilihan (Dapil) mampu meraih 10 kursi di DPRD Kota Pekanbaru.

"Dengan usaha dan kerja keras Bacaleg kami yakin target itu bisa dicapai. Tim DPC Demokrat Kota Pekanbaru juga akan membuat formulasi bagaimana caleg kota bisa bersatu dengan caleg provinsi dan caleg DPR RI. Bagaimana kita berkolaborasi yang kuat dan kompak untuk memenangkan Pemilu 2024," terang Azwendi.(yan)


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar