Cegah dan Tanggulangi Stunting, Pemdes Tanjung Simpang Lakukan Pemeriksaan Gratis ke Pelosok Desa

Kepala Desa Tanjung Simpang, Ferry Irawan (sumber foto: GagasanRiau.com)

SIBERONE.COM - Pemerintah Desa (Pemdes) Tanjung Simpang, Kecamatan Pelangiran, Kabupaten Indragiri Hilir terus upaya membantu Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) dalam mencegah dan menanggulangi stunting.

Salah satu langkah pasti aparat pemerintah Desa Tanjung Simpang dalam menanggulangi stunting yaitu dengan melakukan pemeriksaan stunting secara gratis.

Kepala Desa Tanjung Simpang, Ferry Irawan mengungkapkan pihaknya terus fokus dalam membantu Pemerintah Kabupaten dalam menanggulangi stunting.

Ia menyebut, dengan jumlah penduduk sebanyak 6091 jiwa yang tersebar di 5 dusun, 154 parit mengharuskan Pemdes Tanjung Simpang harua bergerak aktif melakukan pemeriksaan ke pelosok-pelosok desa.

"Dalam upaya kami melaksanakan penanganan stunting, Kami bersama tenaga kesehatan desa bergerak ke pelosok-pelosok untuk melakukan pemeriksaan dan pengobatan gratis," ucapnya, Rabu (01/02/2023).

Menurut Kades Tanjung Simpang, gerakan pemeriksaan gratis ini cukup efektif dilakukan di Desanya, yang mana diketahui masyarakat Desa Tanjung Simpang mendapatkan air bersih hanya dari air hujan.

"Faktanya dari kegiatan ini kami dapat mengantisipasi gejala-gejala dini dari gizi buruk sehingga dapat dilakukan penanganan segera sebagai bentuk pencegahan, karena salah satu indikator resiko stunting diantara ada pada masyarakat kami yang mana
Masyarakat kami sebagian besar sumber air bersihnya dari air hujan," ungkapnya.


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar