Dinkes Gelar Talk Show "Kesehatan Masa Kini dan Masa Depan di Provinsi Riau"

Gubernur Riau Drs H Syamsuar MSi saat menghadiri Talk Show Riau Unggul di Gedung Daerah, Kamis (3/11/2022). (sumber foto: Riaupos.com)

 

 

SIBERONE.COM - Pemerintah Provinsi Riau melalui Dinas Kesehatan bekerja sama dengan Rumah Sakit (RS) Awal Bros melaksanakan kegiatan Talk Show Riau Unggul dengan tema "Kesehatan masa kini dan masa depan di Provinsi Riau" bertempat di Gedung Daerah Riau, Kamis (3/11).

Kegiatan ini menghadirkan beberapa pemateri diantaranya guru besar Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia Prof Ascobat Gani.

Kepala Dinas Kesehatan Riau Zainal Arifin mengatakan, kegiatan ini dilakukan untuk bagaimana bisa mengusung peningkatan pelayanan kesehatan di masa depan. Kerena itu, perbaikan dan masukan semua komponen diperlukan. "Melalui kegiatan ini diharapkan akan banyak masukan dari para pemateri. Kami juga berharap usai kegiatan ini, ada tindak lanjut yang dilakukan," katanya.

Dilanjutkan Zainal, untuk meningkatkan pelayanan kesehatan agar terus membaik, tentunya juga harus mendapatkan dukungan dari banyak pihak. Karena itu, peran masyarakat dan para pakar juga diharapkan dapat terus memberikan masukan. "Kita tentunya berharap agar pelayanan kesehatan menjadi yang terdepan di bidang pelayanan publik. Karena itu kami minta masukan dari masyarakat dan para pakar," harapnya.

Sementara itu, Gubenur Riau (Gubri) Syamsuar yang membuka langsung kegiatan tersebut mengatakan, pihaknya menyambut baik kegiatan yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan Riau berkolaborasi dengan RS Awal Bros ini. Karena kegiatan ini juga dalam rangka menyambut hari kesehatan nasional yang tahun ini mengangkat tema "Bangkit Indonesia Sehat Negeriku".

"Masalah kesehatan saat ini perlu diperhatikan, apalagi baru-baru ini setelah pandemi Covid-19 ada penyakit baru yang ditemukan yakni gagal ginjal akut," katanya.
Terkait gagal ginjal akut tersebut, Gubri juga meminta Dinas Kesehatan Riau untuk terus melalukan koordinasi dengan instansi terkait sebagai upaya pencegahan. Mulai dari dengan pihak kepolisian, BBPOM dan juga dengan para dokter anak. "Alhamdulillah sampai saat ini di Riau belum ada ditemukan kasus gagal ginjal akut ini. Tapi pencegahan harus tetap dilakukan, bila perlu ajak kepolisian dan BBPOM untuk melakukan razia obat-obat yang sudah dilarang itu," pintanya.

Dalam bidang pelayanan kesehatan, Gubri juga mengingatkan agar rumah sakit yang ada di Riau untuk dapat terus meningkatkan pelayanan. Karena ia sudah beberapa ditemui oleh investor asing yang akan membangun rumah sakit di Riau. "Kalaulah sudah investor dari luar negeri membangun rumah sakit umum di Riau, tentu akan ada persaingan. Selain peralatan yang canggih, mereka juga mengutamakan pelayanan, ini yang harus kita perhatikan agar rumah sakit yang ada saat ini tetap bisa bersaing," ujarnya.

Pada kegiatan talk show tersebut juga menghadirkan pemateri lainnya yakni Ketua IDI Wilayah Riau Dr Zul Asdi, Ketua Persi Riau dr Dovy Saptika Faulin, Kepala BPJS Kesehatan wilayah Sumbagteng dan Jambi dr Eddy Sulistijanto dan Wakil Ketua PWI Riau Fithriady Syam.

 

Sumber: Riaupos.com


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar