Disdik Tanjungpinang Implementasikan Pemberlakukan Kurikulum Merdeka

Kadisdik kota Tanjungpinang Endang Susilawati (sumber foto: Istimewa)

 

 

SIBERONE.COM - Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Tanjungpinang mulai memberlakukan Kurikulum Merdeka sebagai upaya dalam mempersiapkan implementasi kurikulum merdeka tersebut di tahun ajaran tahun ini di semua satuan pendidikan mulai dari PAUD, SD dan SMP.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang, Endang Susilowati menjelaskan, bahwa upaya yang telah dilakukan pihaknya dalam pelaksanaan Kurikulum Merdeka Secara Mandiri tersebut, hal tersebut dilaksanakan melalui sosialisasi tentang implementasi kurikulum merdeka, pemantapan pelaksanaan rekomendasi, memfasilitasi terbentuknya komunitas dan melakukan bimbingan kepada pendidik dalam melakukan analisis capean pembelajaran menjadi tujuan pembelajaran, alur tujuan pembelajaran, menyusun modul ajar dan implementasi asesmen.

"Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan pemahaman pendidik terhadap kurikulum merdeka dengan mendorong pemanfaatan platform merdeka mengajar serta memberdayakan dan mengaktivasi komunitas belajar," kata Endang, Rabu (10/8/2022).

Endang juga menyampaikan selamat dan sukses untuk seluruh satuan pendidikan yang telah mengimplementasikan kurikulum merdeka secara mandiri di Kota Tanjungpinang.

"Mari berikan pembelajaran yang terbaik dan sesuai dengan kebutuhan peserta didik kita demi mewujudkan profil pelajar Pancasila di Indonesia," ujar Endang.

Endang juga menyebutkan, bahwa pelaksanaan kurikulum merdeka secara mandiri tersebut, khusus untuk tingkat Sekolah Dasar (SD) dilakukan hanya terhadap anak didik di bangku kelas 1 dan kelas IV dan untuk tingkat SMP dilakukan bagi kelas VII.

"Kurikulum merdeka ini hampir sama dengan kegiatan tahun sebelumnya, hanya saja guru dan wali murid harus memiliki peran untuk mengasah bagi peserta didik baru," tutupnya.

 


Sumber: Noveldi Biro Kepri


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar