Adat Istiadat Harus Dilestarikan, Ini Beberapa Pesan Ibrahim Ali

Dokumentasi (istimewa)

SIBERONE.COM - Bupati Tana Tidung Ibrahim Ali menghadiri acara pembukaan rapat pleno terbuka penetapan adat istiadat Tidung Pagun Sesayap laid.

Acara ini digelar di ex Gedung Kecamatan Sesayap Hilir, Selasa (25/7/2022) dengan dihadiri para tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama, tokoh pemuda dan undangan lainnya.

Dalam sambutan bupati tana tidung menyampaikan adat istiadat merupakan sebuah warisan leluhur yang wajib dan harus dijaga dan dilestarikan bersama.

"Ada banyak warisan budaya ulun pagun yang kini tidak terdengar lagi, bahkan generasi penerus ulun pagun tidak mengetahui begitu kayanya warisan leluhur kita akan budaya maupun adat istiadatnya," kata Ibrahim Ali.

Dirinya menambahkan, ada banyak tradisi lokal budaya dan adat istiadat suku tidung ulun pagun seperti betimbang sapor, tolak bala, besitan, bekiparat, iraw, bepupur sebelum ijab kabul pernikahan, dan lain sebagainya. 

"Berbagai bentuk tradisi adat istiadat tradisi ini perlu diidentifikasi kembali kemudian ditetapkan sebagai budaya tradisi warisan leluhur yang mesti dilestarikan, bahkan ada tradisi budaya yang kini hampir punah, salah satunya adalah kurangnya membudayakan berbahasa tidung di rumah dan kelompok masyarakat tidung ulun pagun," ujarnya.

Bupati Tana Tidung ini juga berharap kepada dewan adat tidung sesayap laid untuk terus menjaga warisan leluhur kita secara turun temurun kepada generasi muda ulun pagun. 

"Sama miwan maya adat istiadat taka, ka ando taka sisoy bagu, ka kati senggitu sisoy bagu. Semoha ikhtiar kita dalam merawat dan melestarikan adat istiada budaya tidung ulun pagun mendapat ridho dan berkah dari Allah SWT," katanya.

Acara pembukaan rapat pleno ini juga dihadiri Ketua DPRD KTT, Sekda, Dandim 0914/TNT, Kapolsek Sesayap Hilir, Anggota DPRD, Kepala Desa se-Kabupaten Tana Tidung, Ketua TP-PKK Kabupaten Tana Tidung, dan Ketuo Dewan Adat Tidung Sesayap Laid beserta jajarannya.


(Habir JS)


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar