Jalan Sakaratul Maut di Inhil Dikritik Rusli Zainal

Mantan Gubernur Riau Rusli Zainal (baju putih) tiba di rumahnya usai bebas bersyarat. (sumber foto: Detiksumut)

 

 

SIBERONE.COM - Mantan Gubernur Riau, Rusli Zainal hari ini menghirup udara bebas usai bebas bersyarat. Setelah bebas, pria yang akrab disapa RZ itu langsung mengkritik soal 'Jalan Sakaratul Maut' di Indragiri Hilir (Inhil).
"Saya sampai rumah pagi tadi. Saya lihat berita jalan di Mandah yang rusak, tentu prihatin lihat berita itu," ucap Rusli Zainal, Kamis (21/7/2022).

Pria yang akrab disapa RZ itu menyebut Mandah adalah kampung halamannya. Bahkan jalan itu dahulunya dibangun oleh Pemerintah Provinsi Riau.

"Dulu itu kita bangun, sekarang kondisinya memprihatinkan. Kalau mikir kewenangan kelamaan, masyarakat nanti kasihan," kata RZ.

Rusli Zainal yang lahir di Mandah mengaku banyak warga jatuh di lokasi tersebut. Laporan itu diterima dari keluarga serta sahabatnya di tempat kelahiran.

Di rumah pribadi RZ sendiri terlihat warga silih berganti mendatangi mantan gubernur Riau tersebut. Bahkan ada seorang driver ojek online, Ponedi terlihat berlari mengejar RZ yang baru bebas.

Driver ojek online paruh baya itu berlari dan langsung memeluk RZ yang tengah ramai menerima tamu. Air matanya berurai saat disambut RZ.

"Saya kagum sama beliau sejak gubernur. Tadi sempat ditahan sama securiti waktu mau masuk, saya minta waktu sebentar. Saya bilang saya hanya rakyat biasa mau ketemu mantan gubernur Riau, pemimpin kami," kata Ponedi.

Air matanya kembali menetes saat pihak keamanan memberi izin. Begitu juga saat bertemu RZ dan saling bertegur sapa.

"Saya lihat ramai pak Rusli Zainal bebas. Saya langsung ke sini, saya cari kabar di mana rumahnya dan ketemu. Ya, beliau banyak membangun Riau walau dapat cobaan," katanya.

Sebelumnya diberitakan, video pengendara melintasi jalan rusak parah dan berbahaya di Indragiri Hilir (Inhil), Riau viral di media sosial. Dalam video itu, pengendara mengaku melintas di 'jalan sakaratul maut'.

Dalam video berdurasi 34 detik yang viral dan diterima detikSumut terlihat jalan dicor. Jalan itu menghubungkan sejumlah desa di Kecamatan Mandah, Indragiri Hilir atau tepat di desa Igal.

Namun di atas beton jalan terlihat banyak lubang berukuran besar. Bahkan lubang-lubang telah ditimpa batang pohon yang bagian atasnya telah dibuat jembatan baru dari papan seadanya.

"Ampun gaes, jalan sakaratul maut ini gaes. Jalan penyambung antar desa gaes, salah langkah langsung beda alam," ucap salah seorang pengendara yang melintas seperti dilihat, Selasa (19/7).

Perekam mengaku harus banyak berdoa saat lewat jalan tersebut. Sebab, kondisi jalan sangat berbahaya.

"Kita lewat jalan ini sangat mengerikan. Banyak-banyak baca doa," katanya sambil melanjutkan perjalanan.

Kepala Desa Igal, Kandar mengaku jalan tersebut dahulunya dibangun Pemerintah Provinsi Riau. Namun sejak 2 tahun terkahir kerusakan semakin parah dan tak ada perbaikan.

 


Sumber: Detiksumut


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar