Peringati May Day 2022, BPJS Ketenagakerjaan Kanwil Sumbarriau Bagikan Bantuan Sembako

Foto bersama usai penyerahan bantuan sembako dan santunan kepada kepada pekerja yang di PHK (sumber foto: Humas BPJS Ketenagakerjaan)

 

SIBERONE.COM - BPJS Ketenagakerjaan Kanwil Sumbar Riau & Kepulauan Riau menyalurkan bantuan sembako sebanyak 3.890 paket kepada pekerja seiring dengan peringatan May Day atau Hari Buruh Internasional yang jatuh pada 1 Mei.

Pembagian sembako dilakukan secara bertahap dan tersebar di hampir setiap kantor cabang di Provinsi Riau, Sumatera Barat dan Kepulauan Riau.

Tema May Day yang diusung kali adalah “Pulih Bersama Pekerja Indonesia”, sejalan dengan tema G20 Recover Together, Recover Stronger.

Ada pun di Kota Pekanbaru penyerahan paket sembako tersebut dilakukan secara simbolis di Gedung Daerah Pauh Janggi oleh Gubernur Provinsi Riau, Drs H Syamsuar MSi, Deputi Direktur Pelayanan dan Pengembangan Kanal BPJS Ketenagakerjaan, Isnavodiar Jatmiko dan Deputi Direktur BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Sumbarriau, Eko Yuyulianda.

Deputi Direktur Pelayanan dan Pengembangan Kanal BPJS Ketenagakerjaan, Isnavodiar Jatmiko menjelaskan, sebanyak 1.080 paket sembako diserahkan kepada Perwakilan Serikat Pekerja atau Serikat Buruh yang ada di Provinsi Riau.

"Ini semua untuk kesejahteraan masyarakat Riau. Semoga bantuan ini dapat bermanfaat dan berguna bagi peningkatan kesejahteraan pekerja atau buruh," ujar Isnavodiar, Jumat (20/5/2022).

Senada dengan Isnavodiar, Deputi Direktur BPJAMSOTEK Wilayah Sumbarriau, Eko Yuyulianda mengatakan penyaluran paket sembako untuk pekerja merupakan momentum peningkatan layanan dan manfaat kepada pekerja/peserta.

"Peningkatan manfaat ini merupakan wujud nyata kami untuk bergerak dan pulih bersama pekerja Indonesia dalam menjamin kesejahteraan pekerja dan keluarganya," sebut Eko.

Eko menerangkan, pemberian bantuan ini merupakan bentuk empati sekaligus dukungan BPJAMSOSTEK kepada semua pekerja yang terdampak pandemi Covid-19. 

Selain memberikan bantuan sembako, juga diserahkan manfaat uang tunai program Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP) secara simbolis kepada dua pekerja yang kena PHK.

Dua pekerja tersebut bernama Muhammad Al Amin dan Ade Yugo Prayogi, yang masing-masing menerima bantuan sebesar Rp2.745.000 dam Rp1.517.850.

Sesuai PP Nomor 37 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan JKP, ada tiga manfaat yang diterima pekerja atau buruh ter-PHK, yakni uang tunai, akses informasi pasar kerja, dan pelatihan kerja.

Manfaat uang tunai diselenggarakan BPJAMSOSTEK. Sedangkan akses informasi pasar kerja dan pelatihan kerja akan diselenggarakan Kementerian Ketenagakerjaan.

Sementara itu, Gubernur Riau, Drs Syamsuar MSi mengapresiasi BPJS Ketenagakerjaan karena sudah membantu pekerja-pekerja yang terdampak PHK dan pekerja tidak mampu.

"Terus terang saya apresiasi kepada BPJS Ketenagakerjaan karena di tengah situasi seperti ini masih memperhatikan kesejahteraan anggotanya. Apalagi mereka yang terpaksa di rumahkan atau di PHK. Namun begitu kami juga berharap agar BPJS TK juga tetap memperhatikan kesejahteraan lain selain pangan juga papan. Bagaimana pun masih banyak pekerja dan buruh yang balum memiliki rumah yang layak," ucap Syamsuar.

Disisi lain, Kepala Cabang BPJAMSOSTEK Pekanbaru Kota, Uus Supriyadi menambahkan, dalam momentum May Day ini, BPJS Ketenagakerjaan akan terus meningkatkan sinergi bersama Serikat Pekerja atau Serikat Buruh l, khususnya Provinsi Riau bersama Pemerintah Provinsi Riau dalam memperjuangkan pemenuhan hak jaminan sosial bagi tenaga kerja.

"Semoga bantuan paket sembako dan santunan kepada ahli waris pekerja ini dapat bermanfaat dan juga bisa meringankan beban di tengah wabah pandemi COVID-19 yang masih kita rasakan sampai saat ini. Semoga perekonomian segera pulih serta semua masyarakat pekerja dapat terlindungi program BPJAMSOSTEK untuk kesejahteraan pekerja/buruh dan keluarganya," pungkas Uus.(yan)


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar