BPJS Ketenagakerjaan Jalin Kerjasama dengan Apindo Riau


SIBERONE.COM - Dalam meningkatkan kerjasama dengan pihak asosiasi, BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) Kantor Wilayah Sumbarriau melakukan MoU dengan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) DPP Provinsi Riau, Rabu (27/4/2022).

Kegiatan itu juga sekaligus silaturahmi dan penyerahan santunan anak yatim DPP Apindo Provinsi Riau yang dipusatkan di Hotel Aryaduta Pekanbaru. 

Penandatanganan MoU dilakukan oleh Deputi Direktur BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Sumbarriau, Eko Yuyulianda dengan Ketua DPP APINDO Provinsi Riau, Wijatmoko Rah Trisno disaksikan Gubernur Riau, Drs H Syamsuar MSi dan Kepala Dinas Tenaga Kerja Riau, H Imron.

Dalam sambutannya, Deputi Direktur BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Sumbarriau, Eko Yuyulianda mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan perlindungan kepada tenaga kerja dan menjadi jaminan sosial untuk para pekerja.

"Ini merupakan pengalihan resiko terkait dengan jaminan sosial yang akan dihadapi pekerjanya itu dialihkan kepada BPJS Ketenagakerjaan," kata Eko.

Melalui kerja sama ini, pihaknya berharap akan melahirkan terobosan baru untuk meningkatkan jaminan sosial bagi kalangan pekerja, baik sektor formal maupun informal.

Terobosan tersebut saat ini adalah dengan membuka channel bersama berupa podcast dan BPJS Ketenagakerjaan. Dimana sebagai media promosi, komunikasi dan informasi antara BP Jamsostek Wilayah Sumbar-Riau-Kepri dan DPP Apindo Riau dalam menyebarluaskan informasi terkait dengan regulasi kebijakan dan program BPJamsostek kepada masyarakat.

Dijelaskannya, penandatanganan MoU ini sebagai lem perekat dan penguat ekosistem ketenagakerjaan Indonesia yang produktif, harmonis dan sejahtera, serta pengarahan sekaligus wadah bagi seluruh aktor ketenagakerjaan. Dalam hal ini adalah pemberi kerja, penerima kerja, pemerintah dan stakeholder lainnya.

Dalam kegiatan itu BPJS Ketenagakerjaan juga memperkenalkan Gerakan Nasional Peduli Perlindungan Pekerja Rentan atau GN LINGKARAN. Yaitu skema crowdfounding untuk membantu pembiayaan iuran pekerja tidak mampu atau pekerja rentan melalui donasi CSR perusahaan atau individual.

"Kami sangat berterima kasih kepada Pak Gubernur Riau karena dukungan dari Pemerintah Provinsi Riau juga akan berpengaruh pada kesejahteraan pekerja di Bumi Lancang Kuning untuk mewujudkan perlindungan sosial bagi seluruh pekerja," ucap Eko.

Ditempat yang sama, Uus Supriyadi selaku Kepala Kantor Cabang BPJAMSOSTEK Pekanbaru Kota berharap kegiatan pemberian CSR kepada Pekerja Rentan ini dapat memberikan perlindungan bagi pekerja di sektor informal.

"Sehingga pekerja juga mendapatkan perlindungan dari bentuk kepedulian dari negara dan pemerintah," tukas Uus.(yan)


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar