Puncak Arus Balik, Penumpang di Pelabuhan Pelindo Masih Terbilang Aman


 


SIBERONE.COM - Kepala Kantor Kesyabandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Tembilahan Capt. Suratno,SE Pantau langsung puncak arus balik di Pelabuhan Pelindo Tembilahan, Minggu, (8/5/2022) Pagi.


Saat diwawancarai awak media Kepala KSOP kelas IV Tembilahan Capt Suratno mengatakan, bahwa pada H+7 lebaran atau hari terakhir libur lebaran, lonjakan penumpang ke kepulauan Riau masih relatif aman.


"Arus balik tujuan kepulauan Riau posisi saat ini di pelabuhan Pelindo Tembilahan mengalami lonjakan penumpang namun masih katagori aman. Masih bisa diatasi pihak operator," ungkap Kepala KSOP kelas IV Tembilahan Capt Suratno kepada awak media.


Menurut Suratno, hari ini merupakan hari libur terakhir lebaran Idul Fitri 1443 H, lonjakan penumpang mulai dirasakan namun masih bisa diatasi oleh operator pelabuhan.


"Kita antisipasi lonjakan yang mana kita ketahui hari ini adalah puncak arus balik,  kita menambahkan kapal untuk rute-rute ke kepulauan Riau," jelas Capt Suratno.


Lebih lanjut dikatakan Capt Suratno. Dari arus mudik H-1 dan 2 kemaren dari Kepri sampai 7 kapal yang datang di pelabuhan Pelindo Tembilahan, untuk antisipasi arus balik, tentunya akan melakukan antisipasi sehingga tidak ada para penumpang yang ketinggalan dan terlantar di pelabuhan Pelindo Tembilahan.


"hari ini ada 6 kapal yang berangkat ke kepulauan riau dengan kapasitas penumpang rata-rata 100 persen," ucapnya.


Ia juga mengimbau dan berharap para  calon penumpang agar bisa ber strategi untuk tidak terjadinya penumpukan. Jadi bener-bener memenets waktu dikarenakan memang seluruh kegiatan akan bermula pada hari Senin yang akan datang ini karena efek dari libur panjang.


"Alhamdulillah sepertinya masyarakat mulai sadar tentang jadwal pemberangkatan kapal, tidak ada penumpukan dan tidak ada yang terlambat," tambah Capt Suratno


Mengenai jadwal keberangkatan, Capt Suratno mengatakan schedule 2 grup yaitu jam 9.30 dan 10.30 pemberangkatan namun khusus untuk kapal untuk angkutan lebaran ini melakukan percepatan.

 
Pada kesempatan ini, Capt Suratno juga mengapresiasi kepada semua pihak dan stakeholder terkait seperti Pemerintah Daerah, TNI, POLRI dan Instansi lain yang telah bersinergi dengan baik untuk melayani masyarakat yang melakukan perjalanan arus balik, sehingga telah berjalan dengan aman dan sehat.


Terakhir dikatakan Kepala KSOP kelas IV Tembilahan Capt Suratno, untuk memberikan himbauan kepada penumpang arus balik, untuk selalu  berhati-hati tetap waspada dan tidak terlalu membawa barang bawaan berlebihan.


"Kami juga selalu memberikan pemahaman agar masyarakat yang melakukan Arus balik menerapkan Protokol Kesehatan anjuran pemerintah dengan cara 5 M.  Dan pelaksanaan Vaksinasi Dosis ke III Booster (pelengkap) agar terhindar dari virus COVID-19," tutupnya.

 

Wartawan : Ema


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar