Akmil Gelar Peringatan Tahun Baru Islam 1443 H


SIBERONE.COM - Akademi Militer menggelar acara peringatan Tahun Baru Islam 1443 Hijriyah bagi Taruna Akademi Militer Tingkat II dan III dengan penceramah Kepala Pembinaan Mental (Kabintal) Akademi Militer Letkol Inf Dull Munib, S.Ag. M.Pd.I. di Masjid Al-Jihad Akademi Militer. Jum’at (27/08/2021). 

Dihadapan para Taruna Gubernur Akademi Militer Mayjen TNI Candra Wijaya dalam sambutan tertulisnya mengungkapkan bahwa, ”Bulan Muharram merupakan peristiwa penting dalam sejarah Islam dan merupakan titik awal Kebangkitan Islam ke seluruh dunia. Pada bulan Muharram juga terdapat momentum hijrah Rasulullah SAW dari Mekah ke Madinah yang oleh umat Islam dijadikan sebagai tonggak sejarah dalam penentuan kalender tahun baru Islam. 

Peringatan tahun baru Islam 1443 Hijriyah kali ini mengambil tema "Jadikan Hikmah Tahun Baru Islam 1443 H/2021 M sebagai momentum peningkatan Nilai-Nilai Spiritual Personel TNI AD Menuju Insan Beriman dan Bertaqwa di Tengah Pandemi Covid-19". "Ini sejalan dengan kondisi kekuatan iman dan taqwa kita yang sedang diuji dengan adanya pandemi Covid-19," lanjut Gub Akmil. 

Dalam ceramahnya Kabintal menguraikan, ”Taruna Akmil wajib untuk selalu menjaga iman dan taqwa dengan meningkatkan nilai-nilai spiritual dalam kehidupan sehari-hari guna menunjang pelaksanaan tugas dan kewajiban yang diamanahkan. Di tahun baru Islam perlu direnungkan, dikaji dan diimplementasikan ke dalam sendi-sendi kehidupan. Seorang muslim harus mau dan mampu berhijrah dari hal yang buruk ke hal yang baik, dari perilaku yang merugikan menuju perilaku yang membawa manfaat dan senantiasa menjaga kepercayaan yang telah diberikan kepada TNI oleh Pemerintah dan masyarakat Indonesia dalam membantu mengatasi berbagai kesulitan yang dihadapi oleh bangsa ini". 

“Semoga dengan acara Tahun Baru Islam ini kita dapat mengambil hikmah sebagai sarana untuk memupuk jiwa persatuan dan kesatuan bagi umat Islam di tengah situasi dan kondisi pandemic Covid-19", harapan dan do’a Kabintal. 

Di tempat terpisah, peringatan agama Katholik berlangsung di Gereja Ignatius Slamet Riyadi dalam rangka Misa Syukur Kemerdekaan RI yang dipimpin oleh Romo Gregorius Suprayitno, Pr. (Pastor Kepala Paroki St.Mikael Pancaarga) sementara itu Agama Hindu dalam rangka Hari Raya Saraswati dilaksanakan di Pura Wira Buana Akmil oleh Letkol (Purn) Drs. I Made Pipil. (*)


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar