SIBERONE.COM - Sebagai anggota pramuka diera digital, harus memiliki kerdasan digital agar tidak tergilas roda kemajuan teknologi informasi dan komunikasi. Era kini, selain memiliki kecerdasan intelektual (IQ), kecerdasan emosional (EQ), kecerdasan spiritual (SQ), juga harus memiliki kecerdasan digital (DQ). Bentuknya, cakap digital dalam memainkan peran di masyarakat agar bisa berkembang sesuai kemajuan jaman.

Demikian disampaikan Ketua Dewan Kerja Cabang (DKC) Kwartir Cabang (Kwarcab) 11.29 Brebes Ahmad Mukhrozi saat Gladian Pimpinan Satuan (Dianpinsat) di Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Dinkominfotik) Brebes, Selasa (24/8/2021).

Kata Ahmad, Pramuka Penegak dan Pandega harus Cakap Digital sebagai jawaban dalam pemahaman dunia digital. Ahmad mengajak adik-adik pramuka untuk membangun jejaring dan mempublikasikan berbagai kegiatan Pramuka agar semakin keren dan mantap.

Dianpinsat yang mengusung tema ‘Berdaya, Berkarya, Bermakna’  digelar secara virtual dan dibuka Ketua Kwarcab Brebes yang diwakili Kepala Pusat Pendidikan Latihan Cabang Brebes Nursidik SPd. Dalam kata sambutannya, Nursidik mengajak anggota Penegak dan Pandega memiliki jiwa kepemimpinan. Juga meningkatkan rasa tanggung jawab terhadap diri sendiri, bangsa dan negara serta meningkatkan ketakwaan kepada Tuhan YME. 

Menurutnya, Dianpinsat sangat penting untuk meningkatkan kader Pramuka di tingkat satuan, dalam rangka mengembangkan materi kepramukaan juga meningkatkan ketrampilan dan kemampuan Penegak-Pandega. 

“Dianpinsat, sebagai kawah candradimuka pramuka penegak dan pandega untuk mengembangkan dan meningkatkan kemampuan dalam mengelola Ambalan di Gudepnya,” terang Nursidik.

Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari di Dinkominfotik diikuti 92 peserta dari 41 gudep se Kabupaten Brebes. Mereka dibekali materi PDK-MK, AD-ART gerakan pramuka, cakap dalam memimpin dan evalusi serta pembekalan kegiatan hari berikutnya.

Materi antara lain disampaikan Kak Triyono tentang Sistem Administrasi Satuan, Destian Ady Prayogo tentang kesakaan, Nurdiningsih tentang pencapaian SKU/TKU, SKK/TKK, SPG/TPG, dan Kak Hafidz Zamroni Pola dan Mekanisme Pembinaan Penegak dan Pandega. (HS)


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar