Kapal Ferry Teluk Singkil Nyaris Tenggelam, Semua Penumpang Panik dan Pakai Baju Pelampung


SIBERONE.COM - Kapal Ferry KMP Teluk Singkil tujuan dari Labuhan Haji Aceh Selatan menuju Sinabang nyaris terbalik di perairan lautan Simeulue sekitar 7 Mil dari pelabuhan Ferry Sinabang.

Hal itu diungkapkan oleh General Manager (GM) PT. ASDP Cabang Pelabuhan Fery Singkil, Andi Harun menyampaikan kepada SiberOne. Com, bahwa kejadian kapal Fery KMP Teluk Singkil dihantam badai tadi pagi, Minggu (15/8/2021) sekitar pukul 05.10 WIB, namun tidak ada korban jiwa.

 "KMP Teluk Singkil yang membawa 160 orang penumpang mengalami kemiringan setelah dihantam badai dan gelombang pada waktu Subuh, sehingga sempat membuat panik penumpang," ungkap Andi Harun. 

Lanjut Andi, badan kapal sempat mengalami kondisi miring ke arah kanan sekitar 5 sampai 6 derajat. Untuk mengantisipasi amukan badai yang membuat badan kapal hilang keseimbangan, Nakhoda kami perintahkan agar ABK mengarahkan penumpang berpindah posisi ke sudut kiri kapal, untuk mengimbangi kemiringan.

Informasi darurat itu juga diketahui oleh kapal Angkatan Laut (KAL) Simeulue, kapal KMP Aceh Hebat 1, kapal Pol Air dan tim SAR dibantu Kodim 0115 Simeulue yang dikerahkan untuk melakukan penyelamat dan pengawalan darurat agar penumpang di kapal KMP Teluk Singkil dapat di selamatkan.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Simeulue Edi Rahman mengatakan, hal itu terjadi akibat sejumlah kendaraan pengangkut barang jenis truk lepas dari ikatan dan bergeser ke bagian kanan kapal sehingga menyebabkan kapal mengalami kemiringan yang cukup parah dan nyaris terbalik.

"Semua penumpang telah mengalami panik dan memakai baju pelampung untuk bersiap apabila kapal tenggelam. Pihak ABK kapal juga telah membuang ke laut sebagian barang - barang muatan kapal untuk meringankan beban kapal," kata Edi Rahman kepada SiberOne. Com

Edi Rahman menjelaskan, kapal KMP Teluk Singkil berhasil bersandar di pelabuhan tanpa adanya korban jiwa. Selama perjalanan antara daerah pulau Siumat ke pelabuhan dalam kondisi miring bagian belakang telah mulai terbenam, kapal itu dikawal oleh 4 kapal penyelamat termasuk kapal Aceh Hebat 1 dan KAL Sinabang.

Ris


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar