Perkembangan Terbaru Bakal Calon Bupati Inhil

Kantor Bupati Kabupaten Inhil

SIBERONE.COM - Pilkada serentak tahun 2024 masih terhitung lama namun nama-nama yang digadang-gadang bakal maju mengisi daftar calon sudah ramai dibicarakan masyarakat kabupaten Indragiri Hilir.

Mulai dari tokoh politik, pengusaha, sampai dengan Aparatur Sipil Negara (ASN) juga masuk dibicarakan dalam percaturan bursa bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Inhil tahun 2024.

Penasaran siapa saja nama-nama yang masuk tersebut, mari kita ulas satu persatu dan sedikit jabarkan pengalamannya berdasarkan dengan profesi.

1. H. Ferryandi 

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Inhil yang menjabat sekarang ini menjadi sosok yang digadang-gadang bisa maju menjadi calon Bupati Inhil, selain memiliki pengalaman politik di bawah Partai Berlambang Pohon Beringin (Golkar), H. Ferryandi juga sudah mendapatkan restu dari HM. Wardan yang juga ketua DPD Partai Golkar Inhil. Besar kemungkinan Ferryandi bisa maju menggunakan Partai Golkar yang memiliki 9 kursi di DPRD Inhil.

2. H Dani M Nursalam

Merupakan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Riau terpilih pada pemilu 2019 lalu, Dani M Nursalam dinilai memiliki kans bisa maju mencalonkan diri pada pemilu 2024, selain bekal pengalaman politik di Indragiri Hilir dan juga pernah menjadi ketua DPRD Inhil, Dani M Nursalam yang sekarang santer memperkenalkan jargon "Inhil Madani" ini juga memiliki potensi karena nama dan wajahnya sudah dikenal masyarakat. Kesempatan ini tentu menjadi peluang besar buat Dani M Nursalam untuk melaju mengambil jalur eksekutif terlebih partai politik yang dibesutnya sudah ada 6 kursi.

3. H. Syamsudin Uti

Wakil Bupati Inhil yang menang pada pilkada 2018 kemarin kembali masuk dalam bursa bakal calon Bupati Inhil pada pilkada tahun 2024 mendatang. Syamsudin Uti yang akrab disapa Abah SU ini dinilai memiliki kesempatan untuk maju menjadi calon Bupati, selain memiliki pengalaman di eksekutif selama 1 periode, kehadiran Abah SU pada kontestasi politik dianggap sudah tidak asing, dimulai dari pemilihan lewat DPRD Inhil sampai dengan pemilihan langsung oleh masyarakat nama SU selalu hadir pada surat suara pencoblosan. SU yang juga ketua Partai Demokrat Inhil sudah memiliki 5 kursi untuk modal dukungan maju Pilkada. 

4. H. Suhaidi
Tokoh politik yang akrab berpantun ini sekarang menjabat sebagai Anggota DPRD Provinsi Riau. H. Suhaidi yang juga mantan ketua KPU Inhil dinilai memiliki potensi untuk maju menjadi calon Bupati Inhil tahun 2024, pada pertemuan belum lama ini H. Suhaidi mengutarakan kesiapannya untuk maju mencalonkan diri melalui jalur partai politik yang mendudukkannya di DPRD Provinsi Riau (Gerindra) yang sekarang memiliki 5 kursi di DPRD Inhil.

5. H. Ikbal Sayuti

Tokoh muda pengusaha ternama dan juga politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini juga masuk dalam bursa bakal calon, belum lama ini namanya sudah dideklarasikan oleh Partai PPP untuk diusung menjadi Calon Bupati. H. Ikbal Sayuti merupakan satu-satunya tokoh dari Insel yang muncul pada bursa bakal calon pada pilkada tahun 2024. Sementara itu PPP selaku Partai yang mendukungnya sekarang sudah memiliki 5 kursi di DPRD Inhil.

6. Samino Suwito
Ketua Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) yang juga anggota DPRD Inhil ini masuk dalam bursa bakal calon Bupati Inhil pada pilkada tahun 2024. Samino digadang-gadang masuk bursa setelah namanya sering disebut oleh masyarakat, iya bagaimana tidak,   dengan karakteristik yang bersahaja dan  sering terjun langsung mengurus kepentingan masyarakat untuk kelancaran dan kenyamanan dalam kepengurusan administrasi, Samino Suwito dinilai memiliki pribadi yang merakyat dan mudah diajak berkomunikasi. Dari bekal tersebut Pria yang berasal dari Kecamatan Enok ini memiliki kans untuk maju pada bursa pencalonan Bupati. Sementara untuk kursi PDI-P di DPRD Inhil sendiri ada sebanyak 6 kursi.

7. H. Said Syarifuddin
Mantan Sekda Inhil, H. Said Syarifuddin merupakan tokoh dari Aparatur Sipil Negara (ASN) juga masuk dalam bursa bakal calon Bupati Inhil. Namanya yang santer juga disebut masyarakat, H. Said Syarifuddin yang memiliki bekal pengalaman berbagai macam jabatan pemerintahan di Inhil memiliki kans untuk maju pada Pilkada ke depan.

8. H. Edy Syarwanur
Mantan Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Pemerintah Desa (BPMPD) yang sekarang menjadi Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) juga sudah tidak asing namanya di Inhil, pernah maju pada pilkada tahun 2013 kemarin berpasangan dengan Agus Salim dengan memasang jargon "Cedas" harus puas di posisi 3 dilewati oleh pasangan H. Samsudin Uti - H. Muslimin di posisi 2 dan Pasangan HM. Wardan - H . Rosman Malomo yang terpilih menjadi Bupati dan Wakil Bupati Inhil periode 2013-2018. Pada pilkada 2018 Edy Syarwanur tidak muncul pada pencalonan dan bahkany untuk bursa bakal calon juga nyaris tidak masuk. Namun pada tahun 2024 namanya kembali muncul setelah terlihat beberapa balehonya sudah mulai bertebaran di sudut-sudut desa dan kota.

Nah itu dia nama-nama yang digadang-gadang bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Inhil pada pilkada tahun 2024 mendatang. Menarik untuk ditunggu bagaimana perkembangan ke depan apakah akan ada lagi bakal calon lain atau nama yang sudah ada ini terhapus dari peredaran bursa bakal calon.


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar