Kunker Kamtibmas ke Kecamatan Batang Tuaka, Kapolres Inhil Didampingi Ketua Bhayangkari Cabang Inhil


 

SIBERONE.COM - Kapolres Inhil AKBP Indra Duaman, S.I.K yang didampingi Ibu Ketua Bhayangkari Cabang Inhil beserta rombongan laksanakan kunjungan kerja sekaligus silaturahmi kamtibmas di Mapolsek Batang Tuaka, Kabupaten Inhil, Minggu (23/2/2020) sekira pukul 10.00.

Kegiatan yang dipusatkan di Jl. Teratai, Kelurahan Sungai Piring ini dihadiri juga Kabag Sumda Polres Inhil KOMPOL James Sibarani, S.H, M.H, Kasat Reskrim Polres Inhil AKP Indra L. Sihombing, S.I.K, Kasat Polair Polres Inhil AKP Awaludin, Kanit Regiden Sat Lantas Polres Inhil. IPDA. Fauzan, Camat Batang Tuaka Marpoyanto, S.KOM, M.S.I,  Kapolsek Batang Tuaka IPTU. Andi Ace. H, Danramil 12 Batang Tuaka KAPTEN. ARH. Uwin Suharto, Lurah Sungai Piring  Suratman dan tokoh masyarakat.

Kapolsek Batang Tuaka, IPTU. Andi Ace dalam sambutannya mengucapkan selamat datang Kepada Kapolres Inhil berserta rombongan serta ucapan terima kasih kepada masyarakat Batang Tuaka yang telah hadir dalam acara kunjungan kapolres Inhil beserta rombongan pada hari tersebut.

Katanya pula, dalam pelaksanaan tugas Polsek Batang Tuaka saat ini masih ada dua Jabatan Kanit yang kosong yaitu Jabatan Kanit Binmas dan Kanit Shabara. Kapolsek Batang Tuaka juga  meminta kepada Kapolres Inhil untuk menambah personil mengisi kekosongan jabatan tersebut. 

Selain itu, untuk upaya menangani kebakaran hutan dan lahan, katanya,  Polsek Batang Tuaka bersama Forkopincam selalu bersinergi menangani Karhutla, upaya yang dilakukan dalam mencegah Karhutla setiap desa telah membuat embung di setiap desa.

"Apabila terjadi kebakaran hutan dan lahan, dapat mencari ladang air yang cukup untuk dapat memadamkan api dengan cepat dan efektif," ujarnya. 

Selanjutnya, tambahnya pula, Polsek Batang Tuaka telah bekerja sama dengan pihak desa dan pihak kecamatan, untuk menghimbau agar setiap desa mempunyai minimal 2 mesin pemadam untuk mengantisipasi jikalau terjadi kebakaran hutan dan lahan di desa masing-masing.

Camat Batang Tuaka, Marpoyanto dalam sambutannya mengatakan bahwasanya forkopimcam selalu bekerja sama dengan pihak kepolisian dalam segala hal, baik permasalahan yang ada di masyarakat maupun permasalahan karhutla yang akhir-akhir ini sering terjadi. 

"Forkopimcam juga selalu menghimbau kepada masayarakat agar tidak membakar lahan dan hutan di kecamatan Batang Tuaka," paparnya. 

Sementara itu, Kapolres Inhil AKBP Indra Duaman, S.I.K, dalam sambutannya menyebutkan bahwa polri hadir untuk memberikan rasa nyaman,  tetapi tanpa dukungan dan partisipasi mayarakat, polri akan kesulitan dalam melaksanakan tugas yang ada.

Oleh karna itu, kata Kapolres, perlunya kerjasama dan bantuan bersama masyarakat agar polri dapat berkerja efektif dan efisien serta dapat menciptakan suasana yang aman, nyaman dan kondusif.

"Untuk saat ini, Presiden menggaungkan 3 pilar yakni Polri, TNI dan Forkipimda untuk dapat berkerja sama serta menyelesaikan permasalahan yang ada di masyarakat dengan cara musyawarah secara mufakat," jelas Kapolres. 

Kapolres Inhil juga menyampaikan pesan Kapolda Riau terkait dengan pencegahan dan penanganan Karhutla, agar instansi terkait selalu bersinergi sehingga tahun 2020 Kabupaten Inhil nihil kasus Karhutla. 

Sembari demikian, Kapolres Inhil juga menghimbau kepada masyarakat agar dalam membuka lahan tidak dengan cara membakar. Serta untuk dapat melaporkan jikalau ada melihat kejadian kebakaran hutan dan lahan serta dapat bekerja sama dalam memadamkannya.

"Berharap bahwa untuk di setiap desa mempunyai mesin pemadam, serta menggunakan mesin yang efektif dan efisien jikalau dalam pemadaman kebakaran hutan dan lahan. Menghimbau kepada kepala desa, untuk dapat menyiapkan mesin yang siap pakai dalam pemadam karhutla. Serta dapat bekerja sama jikalau nantinya terdapat titik api di wilayah nya masing-masing," pintanya. 


Kata Kapolres, partisipasi masyarakat  untuk dapat menjadi relawan di Posko Relawan yang ada di Kecamatan Batang Tuaka, agar dapat bersama-sama berpartisipasi menjaga hutan dan lahan yang ada di kecamatan Batang Tuaka.

"Apabila kepala desa mendapat masalah adanya pihak yang mencoba menghambat penyerapan dana agar kepala desa melaporkan permasalahan tersebut ke Polsek atau ke Polres Inhil," ulasnya. 


Selain karhutla, Kapolres juga menjelaskan agar masyarakat Batang Tuaka menjaga anak-anaknya supaya terhindar dari bahaya narkoba yang merusak generasi penerus bangsa.

"Secara menyeluruh jajaran Polres Inhil kekurangan personil, namun saya akan menentukan skala prioritas mana yang lebih penting," imbuhnya.


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar