Bhabinkamtibmas Bersama Babinsa Kelurahan Krapyak Dampingi Bidan Desa Tracing Contact Covid-19 dan Penyemprotan Disinfektan


SIBERONE.COM - Bhabinkamtibmas Polsek Pekalongan Utara kota Pekalongan Aiptu Rusbiyanto bersama Babinsa Kopka Jatmiko mendampingi bidan desa dan tim dari puskesmas melacak kontak erat atau tracing contact dari warga yang terkonfirmasi positif virus corona/  Covid-19 sekaligus penyemprotan disinfectan dirumah warga Krapyak, Kamis ( 9/4/2021)

Tracing contact menjadi hal wajib bagi Satgas Penanggulangan Covid-19 dalam rangka memutus mata rantai penularan virus corona. Selama ini, para bidan desa dan tim dari puskesmas menjadi ujung tombak Dinas Kesehatan Kecamatan  (DKK) Pekalongan Utara  untuk melacak daftar nama yang pernah menjalin kontak erat dengan warga yang terkonfirmasi positif corona.

Seharusnya, warga memahami dan mengerti terkait Prokes 5 M serta gejala yang dirasakan kemudian minta Tes Swab ke Puskesmas guna memastikan ia terkonfirmasi positif corona atau tidak. Oleh sebab itu, DKK Pekalongan Utara  merasa perlu untuk melibatkan aparat polisi dan TNI dalam kegiatan tracing contact.

Aparat ini bisa membantu bidan desa dalam mengedukasi warga terkait perlunya mengikuti tes swab maupun rapid antigen. “Yang lakukan tracing dari bidan desa dan tim dari puskesmas dengan didampingi Bhabinkamtibmas ,” terang Kapolsek Pekalongan Utara Kompol Bakti Kautsar Ali S.I.K, S.Sos.

Kapolsek Pekalongan Utara Kompol Bakti Kautsar Ali S.I.K, S.Sos mengakui tidak semua warga mau menerima kenyataan telah menjalin kontak erat dengan warga yang terkonfirmasi positif corona. Sebagian dari mereka bahkan menolak untuk dites swab atau rapid antigen.

Akan tetapi, berkat pendekatan tracing contact Covid-19 dari bidan desa bersama tim dari puskesmas dan didampingi bhabinkamtibmas, warga akhirnya mau mengikuti swab atau rapid antigen. “Persentase yang menolak menjalani swab atau rapid antigen sedikit,” ucapnya. (Simbah)


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar