Portina Asahan Populerkan Kembali Olahraga Teradisional


Siberone.com - Persatuan Olah Raga Tradisional Indonesia (Portina) Provinsi Sumatera Utara Kabupaten Asahan, siap Sosialisasikan atau mempopulerkan kembali olah raga tradisional yang kini hampir punah. Sehubungan dengan itu, diharapkan anak-anak generasi milenial tidak hanya suntuk bermain dan menggunakan ponsel maupun gadget, namun juga tetap beraktivitas dan mencintai berbagai olah raga tradisional.

 

 

 

 

“Berbagai jenis olah raga tradisional tempo dulu, sarat nilai edukasi dan gerakan-gerakan olah raga. Untuk itu, agar tidak punah, Portina Asahan bertekad mempopulerkan kembali atau nguri-uri, agar tidak punah,” ujar Qomaruddin, Ketua Portina Kabupaten Asahan pada Kegiatan Portina Asahan di Alun-alun Kota Kisaran.

 

 

Acara Kegiatan Sosialisasi digelar selama dua hari, Sabtu-Minggu (27-28/03/2021), dihadiri dari Rekan-rekan Portina dan Pengujung yang datang ke Alun-alun.

 

 

 

Dalam kesempatan itu, Portina Asahan bertekad mempopulerkan berbagai jenis olah raga tradisional tempo dulu yang marak dimainkan oleh anak-anak, jauh sebelum ada ponsel pintar maupun gadget. Di antaranya, permainan gerobag sodor,Trompa,Bola kasti,Layang-layang,Jamparingan,Tarik Tambang dan sebagainya.

 

 

Qomaruddin mengakui, sejak era TV swasta pada awal 2000-an, berbagai permainan atau olah raga tradisional itu mulai jarang dimainkan oleh anak-anak. 

 

 

 

“Olah raga dan permainan yang dibina Portina, sejatinya akarnya dari rakyat. Jika rakyat sehat, bugar dan gembira, niscaya akan meningkatkan imunitas sehingga bisa melawan virus Corona. Efeknya, ekonomi bisa bangkit lagi. Dan saya sediakan tempat ini untuk ajang lomba-lomba yang dikoordinir oleh Portina,” ujar Qomaruddin yang juga seorang Mahasiswa.(Yoga)


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar