Satgas TMMD ke-110 Kodim 0313/KPr Berikan Penyuluhan Pelayanan Publik dan Kependudukan Catatan Sipil


SIBERONE.COM   – Tidak hanya kegiatan fisik dilaksanakan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-110 Kodim 0313/KPR, namun juga kegiatan non Fisik. Yaitu berupa penyuluhan di antaranya penyuluhan tentang perubahan dan pembaharuan data, pengurusan serta kegunaan e-KTP, Kartu Keluarga (KK), Akta Kelahiran, Akta Kematian, Surat Keterangan (SUKET) yang merupakan dokumen kependudukan.

Kegiatan penyuluhan ini terwujud atas kerja sama antara Kodim 0313/KPR, dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Rokan Hulu yang diikuti oleh sekitar 50 orang. Kegiatan bertempat di Balai Desa Koto Ramah Kabupaten Rokan Hulu, Kamis 25/03/2021.

Danramil 04/Pkl Kuras, Kapten Inf Masrah pada saat membuka kegiatan itu mengatakan sosialisasi ini merupakan rangkaian dari kegiatan TMMD ke 110 Kodim 0313/KPR “Yang mana hal ini bertujuan untuk meningkatkan potensi dan kemampuan masyarakat dalam bidang administrasi kependudukan, ” ungkap Kapten Masrah.

Pada kesempatan itu Kabid Pendaftaran Disdukcapil Kabupaten Rokan Hulu menerangkan, tujuan utama kegiatan sosialisasi tentang dokumen kependudukan, agar semua masyarakat tahu sejauh mana cara mendapatkannya. Sebab dokumen itu menjadi identitas bagi warga, khususnya warga di Desa Kota Ranah, sehingga untuk  mendapatkan dokumen kependudukan bisa dilakukan sesuai dengan prosedur.

“Dokumen kependudukan itu sangat penting sekali, ketika ada sesuatu kebutuhan yang berkaitan dan bersentuhan  dengan masyarakat maupun program bantuan dari pemerintah, setidaknya sebagai salah satu syarat utama yang dimasukkan yakni e-KTP,” ujarnya.

Sementara Kepala Desa Koto Ranah, Syafrizal menjelaskan, penyuluhan tentang dokumen kependudukan merupakan program yang diagendakan masuk dalam kegiatan TMMD, sebagai sasaran nonfisik.

Dia juga mengharap, ada dampak positif dari kegiatan ini, sehingga kesadaran masyarakat untuk memiliki identitas perlu menjadi perhatian khusus. “Harapan kami seluruh warga Koto Ranah yang belum memiliki dokumen kependudukan, bisa segera memilikinya melalui kegiatan ini,” kata Syafrizal


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar