Peduli Lingkungan dan Kebersihan, HIMIP UNRI Kunjungi DLHK Kota Pekanbaru


SIBERONE COM - Peduli akan lingkungan dan kebersihan Kota Pekanbaru, Himpunan Mahasiswa Ilmu Pemerintahan (HIMIP)  Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan (FISIP) UNRI melakukan audiensi ke Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru, Jumat (19/02/2021)  pagi. 

Kunjungan itu, guna membahas permasalahan lingkungan dan juga kebersihan Kota Pekanbaru. Selain itu, juga dalam rangka menanggapi isu permasalahan pengelolaan sampah di kota pekanbaru yang terjadi diawal tahun 2021. 

Kegiatan yang di inisiasi oleh Dinas Sosial dan Politik HIMIP FISIP UNRI itu, hadir bersama jajaran kepengurusan dan juga Tim Magang Golden Generation yang dipimpin langsung oleh Bupati HIMIP, Donni Nuryadi. Kedatangan mahasiswa itu, disambut langsung oleh Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Pekanbaru, Azhar., S.Sos., MPA.

Pada kesempatan itu, Azhar., S.Sos., MPA, menyampaikan rasa terimakasih kepada seluruh audiensi karena telah peduli dengan isu-isu lingkungan dan juga kebersihan Kota Pekanbaru yang kerap terjadi. 

"Kami sebagai pemerintah kota Pekanbaru menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat Kota Pekanbaru atas ketidaknyamanan  terhadap sampah yang menumpuk di sebagian wilayah di kota Pekanbaru. Namun, dalam pantauan hingga saat ini, sampah di Kota Pekanbaru sudah mancapai titik 70 - 80 % dan sudah bisa dikatakan bersih," ucap Azhar

Akan Tetapi, lanjut Azhar, untuk mencapai di titik 100%, kita masih menunggu adanya pemenang lelang jasa pengangkutan sampah. Kedepan, kita berharap jika tujuan tersebut tercapai, maka Kota Pekanbaru akan lebih baik dari sebelumnya terutama mengenai permasalahan pengelolaan sampah kedepan 

Untuk di ketahui, pada awal tahun 2021 uang lalu, masyarakat Pekanbaru di hebohkan dengan adanya tumpukan sampah yang ada hampir seluruh jalanan. Permasalahan itu, akibat dari pengelolaan sampah di kota pekanbaru yang habis kontrak pada akhir 2020 yang lalu. Selain itu, pada proses pelelangan kemarin, juga terdapat kendalah yang mana untuk pengelolaan sampah di tahun 2021 masih dalam proses pelelangan dipihak ketiga. 

Maka dari itu, HIMIP FISIP UNRI melakukan audiensi ke DLHK guna mendapatkan informasi dan wawasan baru mengenai pengelolaan sampah di DLHK dan juga ditinjau dari sudut pandang Tata Kelola Pemerintahan. 

Donni Nuryadi selaku Bupati HIMIP FISIP UNRI Periode 2020/2021 dalam kesempatan itu mengatakan, sebagai Mahasiswa Ilmu Pemerintahan, sudah menjadi hal yang wajib bagi kami untuk meninjau setiap permasalahan sosial yang ada di masyarakat terlebih yang berkaitan dengan sudut pandang Pemerintahan. 

"Kunjungan ini adalah sebagai bentuk kepedulian kami terhadap permasalahan lingkungan dan kebersihan Kota Pekanbaru. Melalui kunjungan ini, kami berharap mendapatkan wawasan dan pengetahuan mengenai tata kelola pemerintahan di DLHK dalam hal pengelolan sampah di Kota Pekanbaru serta bagaimana pengelolaan sampah ini menjadi masalah baru diawal tahun 2021", ujarnya.


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar