Akses Vital Jembatan Parit Cagat-Pulau Kijang Runtuh Total

Kondisi jembatan Parit Cagat-Pulau Kijang yang rusak (sumber foto: SIBERONE.COM/Muhammad Yusuf)

SIBERONE.COM -  Miris, jembatan Parit Cegat Kelurahan Metro Kecamatan Reteh yang merupakan jembatan penghubung ke Kelurahan Pulau Kijang runtuh dan tidak bisa dilewati oleh warga.

Tidak hanya jalan darat yang mengalami kelumpuhan akibat jembatan runtuh tersebut, akses sungai juga terhambat karena saat ini pompong (kendaraan laut, red) juga tidak bisa lewat akibat reruntuhan jembatan yang menutupi parit.

Warga setempat mengungkapkan, bahwa jembatan tersebut merupakan akses satu-satunya penghubung yang bisa dilalui ke desa-desa lain seperti, Sungai Undan, sungai Asam, sungai Terap, Tanjung Labu, dan sungai Mahang.

Dia menjelaskan, bahwa ada jalan alternatif lain yang bisa dilalui masyarakat dengan berjalan kaki dan menggunakan roda 2, hanya saja kondisi jalannya sangat kecil, lebih jauh dan harus melewati kebun warga.

"Untuk akses jalan kaki dan roda 2 masih ada jalan alternatif namun kecil melewati kebun warga dan lebih  jauh mutar," katanya, Selasa (16/4/24).

Menurutnya, apabila tidak segera ditangani maka akan menyulitkan anak sekolah yang hendak menuju ke sekolahnya dan warga yang hendak berbelanja di pasar.

"Kalau tidak segera diperbaiki kasihan anak-anak yang mau ke sekolah dan masyarakat yang mau belanja ke pasar," ungkapnya.

Sementara itu, secara terpisah, Lurah Metro saat dikonfirmasi wartawan via WhatsApp mengungkapkan, bahwa jembatan itu runtuh sekitar tengah malam diduga akibat sudah lama lapuk.

"Diperkirakan runtuh tengah malam. Akibat sudah keropos sudah cukup lama," katanya.

Dia mengatakan, bahwa pihaknya bersama  ketua RT dan RW untuk akan menangani jembatan tersebut agar bisa segera dilewati warga.

"Upaya kami dari pihak kelurahan beserta RT dan RW serta masyarakat segera untuk membuatkan jembatan darurat agar bisa di lewati," pungkasnya.


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar